MUNIR, Muhammad Misbachul and FITRIA, Shoimatul,(20 June 2024), ANALISIS PENGARUH RELIGIUSITAS, KESADARAN HALAL, DAN SERTIFIKASI HALAL TERHADAP NIAT PEMBELIAN PRODUK MAKANAN HALAL PADA RESTORAN “ALL YOU CAN EAT” DI KOTA SEMARANG. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (68kB)
Download (68kB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (10kB)
Download (10kB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (53kB)
Download (53kB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (42kB)
Download (42kB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (171kB)
Download (171kB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (3MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (3MB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor apa sajakah yang mempengaruhi niat pembelian produk makanan halal, dengan menggunakan pendekatan Theory of Planned Behavior (TPB). Hipotesis dalam penelitian ini menunjukan ada pengaruh positif antara variabel bebas. Perilaku Terencana (Planed Behavior), Religiusitas (Religiosity), Kesadaran Halal (Halal Awareness), Sertifikasi Halal (Halal Certification) dengan variabel terikat Niat Pembelian (Purchase Intention).
Penelitian ini merupakan penelitian kuantatif menggunakan desain penelitian survei dengan kuesioner yang disebarkan secara daring kepada konsumen produk makanan halal pada restoran “all you can eat” di kota Semarang. Data yang dikumpulkan dari 100 responden dianalisis menggunakan metode analisis Structural Equation Modeling - Partial Least Squares (SEM PLS) dengan menggunakan aplikasi SMART-PLS untuk melihat bagaimana pengaruh variabel eksogen terhadap variabel endogen, yaitu niat pembelian produk makanan halal.
Hasil uji hipotesis yang bertujuan untuk mengestimasi signifikansi pengaruh variabel eksogen terhadap variabel endogen. Seluruh variabel independen memiliki hubungan yang positif dan signifikan dalam mempengaruhi niat pembelian produk makanan halal. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel independen memiliki pengaruh secara positif dan signifikan terhadap variabel dependen. Variabel Kesadaran Halal (HA) memiliki pengaruh yang paling besar, Sertifikasi Halal (HC) memiliki pengaruh medium, serta variabel Perilaku Terencana (PB) dan Religiusitas (R) memiliki pengaruh kecil terhadap variabel dependen Niat Pembelian produk makanan halal pada restoran all you can eat di kota Semarang.
Keywords : | purchase intention, halal food products, planned behavior, religiosity, halal awareness, halal certification, niat pembelian, produk makanan halal, perilaku terencana, religiusitas, kesadaran halal, sertifikasi halal |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | Ekonomi Islam |
Depositing User: | Muhammad Misbachul Munir |
Date Deposited: | 02 Jul 2024 09:04 |
Last Modified: | 02 Jul 2024 09:14 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/14692 |