ANALISIS KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN MENGGUNAKAN CASH CONVERSION CYCLE (Studi Empiris pada Perusahaan Makanan dan Minuman yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2019-2023)

ARYANI, Marchanda Elsa and RAHARDJO, Shiddiq Nur,(17 July 2024), ANALISIS KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN MENGGUNAKAN CASH CONVERSION CYCLE (Studi Empiris pada Perusahaan Makanan dan Minuman yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2019-2023). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (44kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (103kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (42kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (80kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (184kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kinerja keuangan perusahaan menggunakan Cash Conversion Cycle untuk mengetahui apakah perusahaan dapat mewujudkan kinerja keuangannya dengan baik. Kinerja perusahaan yang baik akan mempengaruhi peningkatan pada profitabilitas perusahaan. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Return on Asset (ROA), Days Sales Outstanding (DSO), Days Inventory Outstanding (DIO) dan Days Payable Outstanding (DPO). Penelitian ini menggunakan data sekunder yang diperoleh dari laporan tahunan perusahaan (annual report) dengan populasi yang mencakup seluruh perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2019-2023. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini dipilih menggunakan metode purposive sampling, sehingga diperoleh 7 sampel perusahaan. Penelitian ini menggunakan teknik analisis industri dan deskriptif kuantitatif untuk memberikan gambaran mengenai faktor-faktor apa saja yang memberikan perubahan CCC terhadap profitabilitas. Hasil pada penelitian ini mencakup bahwa industri makanan dan minuman memiliki grafik yang fluktuatif selama 5 tahun. Variabel CCC yang diproksikan dengan DSO, DIO dan DPO memberikan perubahan terhadap ROA. Jika dikaitkan dengan beberapa teori, analisis variabel DSO terhadap ROA sesuai dengan Agency Theory dan Trade Off Theory, sedangkan untuk variabel DIO terhadap ROA sesuai dengan Agency Theory dan Resource Based Theory. Selain itu, analisis variabel DPO terhadap ROA sesuai dengan Agency Theory dan Pecking Order Theory.
Keywords : Profitability, Cash Conversion Cycle, Days Sales Outstanding, Days Inventory Outstanding, Days Payable Outstanding, Profitabilitas, Cash Conversion Cycle, Days Sales Outstanding, Days Inventory Outstanding dan Days Payable Outstanding.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Akuntansi
Depositing User: Marchanda Elsa Aryani
Date Deposited: 02 Aug 2024 03:36
Last Modified: 02 Aug 2024 03:36
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/14856

Actions (login required)

View Item
View Item