PENGARUH ENVIRONMENTAL, SOCIAL, DAN GOVERNANCE (ESG) DISCLOSURE TERHADAP KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN (Studi Empiris pada Perusahaan Sektor Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada Tahun 2020-2022)

AYYASY, Ditia Azmii and RAHARDJO, Shiddiq Nur,(14 August 2024), PENGARUH ENVIRONMENTAL, SOCIAL, DAN GOVERNANCE (ESG) DISCLOSURE TERHADAP KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN (Studi Empiris pada Perusahaan Sektor Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada Tahun 2020-2022). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (19kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (71kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (7kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (94kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (159kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pengungkapan lingkungan, sosial, dan tata kelola (ESG) terhadap kinerja keuangan perusahaan pada sektor manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2020-2022. Semakin meningkatnya perhatian publik terhadap isu keberlanjutan, penelitian ini mengeksplorasi bagaimana elemen-elemen ESG, yaitu lingkungan, sosial, dan tata kelola, mempengaruhi kinerja keuangan perusahaan yang diukur dengan ROA. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan menggunakan perangkat lunak IBM SPSS 26. Data sekunder yang diperoleh dari database Bloomberg dan situs resmi perusahaan. Sampel penelitian terdiri dari 99 perusahaan sektor manufaktur yang dipilih menggunakan metode purposive sampling. Pengukuran kinerja keuangan dilakukan melalui indikator ROA, sedangkan pengungkapan ESG diukur melalui skor pengungkapan ESG yang diambil dari database Bloomberg. Hasil penelitian menunjukkan variasi pengaruh dari pengungkapan ESG terhadap kinerja keuangan perusahaan. Pengungkapan lingkungan terbukti berkontribusi signifikan terhadap peningkatan ROA, sementara pengungkapan sosial dan tata kelola tidak menunjukkan pengaruh signifikan. Hasil ini mengindikasikan bahwa aspek lingkungan memiliki peran penting dalam meningkatkan kinerja keuangan perusahaan, sementara aspek sosial dan tata kelola mungkin memerlukan waktu lebih lama untuk menunjukkan dampak yang nyata.
Keywords : Environmental Disclosure, Social Disclosure, Governance Disclosure, Financial Performance., Pengungkapan Lingkungan, Pengungkapan Sosial, Pengungkapan Tata Kelola, Kinerja Keuangan.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Akuntansi
Depositing User: Ditia Azmii Ayyasy
Date Deposited: 30 Aug 2024 08:02
Last Modified: 30 Aug 2024 08:03
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/15026

Actions (login required)

View Item
View Item