ULI, Tobias Lukas Franchio and DIRGANTARA, I Made Bayu,(7 October 2024), PENGARUH CUSTOMER EXPERIENCE DAN CUSTOMER SATISFACTION TERHADAP CUSTOMER LOYALTY DENGAN VALUE CONGRUENCE SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi pada Konsumen Fore Coffee di Kota Jakarta). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (31kB)
Download (31kB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (7kB)
Download (7kB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (9kB)
Download (9kB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (51kB)
Download (51kB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (177kB)
Download (177kB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh customer experience,
customer satisfaction terhadap customer loyalty dengan value congruence sebagai
variabel mediasi pada konsumen Fore Coffee di Kota Jakarta. Studi ini dilakukan
di tengah persaingan yang semakin ketat dalam industri kedai kopi di Indonesia,
dengan fokus pada Fore Coffee sebagai salah satu pemain utama dalam pasar.
Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan teknik pengumpulan
data melalui kuesioner. Sampel terdiri dari 101 responden yang merupakan
konsumen Fore Coffee di Kota Jakarta. Analisis data dilakukan menggunakan
Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) dengan bantuan
software SmartPLS 4.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengalaman pelanggan dan kepuasan
pelanggan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Di sisi
lain, keselarasan nilai terbukti memediasi pengaruh pengalaman pelanggan
terhadap loyalitas pelanggan namun tidak memiliki pengaruh signifikan dalam
memediasi hubungan antara kepuasan pelanggan dan loyalitas pelanggan. Temuan
ini mengindikasikan bahwa pengalaman konsumen yang baik meningkatkan
keselarasan nilai dan loyalitas, sedangkan kepuasan pelanggan berperan langsung
dalam meningkatkan loyalitas, namun kurang mempengaruhi keselarasan nilai.
Temuan ini memberikan implikasi penting bagi manajemen Fore Coffee
dalam mengembangkan strategi untuk meningkatkan pengalaman konsumen serta
mempertahankan kepuasan melalui kualitas produk dan layanan yang konsisten.
Selain itu, penting bagi perusahaan untuk menyoroti keselarasan nilai antara merek
dan konsumen untuk memperkuat loyalitas jangka panjang. Penelitian ini juga
menggarisbawahi pentingnya fokus pada strategi pemasaran yang berorientasi pada
pengalaman dan nilai yang sesuai dengan kebutuhan dan aspirasi konsumen.
Keywords : | Customer Experience, Customer Satisfaction, Value Congruence, Customer Loyalty, Fore Coffee, Pengalaman Pelanggan, Kepuasan Pelanggan, Kesesuaian Nilai, Loyalitas Pelanggan, Kedepan Kopi |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Tobias Lukas Franchio Uli |
Date Deposited: | 01 Nov 2024 07:08 |
Last Modified: | 01 Nov 2024 07:08 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/15323 |