ANALISIS HUBUNGAN IMPLEMENTASI STRATEGI, MANAJEMEN PENGETAHUAN, DAN INOVASI ORGANISASI TERHADAP PERFORMA ORGANISASI (Studi pada Kantor Pelayanan Pajak di Soloraya)

KEMAL, Tareq and MAWARDI, Wisnu,(25 October 2024), ANALISIS HUBUNGAN IMPLEMENTASI STRATEGI, MANAJEMEN PENGETAHUAN, DAN INOVASI ORGANISASI TERHADAP PERFORMA ORGANISASI (Studi pada Kantor Pelayanan Pajak di Soloraya). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (48kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (56kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (57kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (140kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (249kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Studi ini dimaksudkan untuk mengkaji dampak implementasi strategi, inovasi organisasi, dan manajemen pengetahuan terhadap performa organisasi, di mana organisasi yang dimaksud adalah seluruh Kantor Pelayanan Pajak di Wilayah Soloraya. Peneliti mengadopsi paradigma postpositivisme dengan pendekatan kuantitatif jenis eksplanasi. Penelitian ini dilakukan terhadap seluruh Kantor Pelayanan Pajak di wilayah Soloraya yang terdiri dari Kantor Pelayanan Pajak Pratama Surakarta, Kantor Pelayanan Pajak Madya Surakarta, Kantor Pelayanan Pajak Pratama Boyolali, Kantor Pelayanan Pajak Pratama Sukoharjo, Kantor Pelayanan Pajak Pratama Karanganyar, dan Kantor Pelayanan Pajak Pratama Klaten dalam periode Januari hingga September 2024. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh sumber daya manusia yang bekerja secara terorganisir secara bersama-sama dalam mencapai tujuan kolektif organisasi yang terdapat pada Kantor Pelayanan Pajak di Wilayah Soloraya. Responden dalam penelitian ini terdiri dari kepala kantor, kepala seksi, account representative, fungsional pemeriksa, fungsional penyuluh, jurusita, administrator sistem, dan pelaksana. Alasan utama yang mendasari pemilihan kepala kantor, kepala seksi, account representative, fungsional pemeriksa, fungsional penyuluh, jurusita, administrator sistem, dan pelaksana karena keterlibatan unsur-unsur tersebut secara kolaboratif dalam proses pengambilan keputusan strategis pada Kantor Pelayanan Pajak regional Soloraya. Analisis dalam kajian ini dikerjakan dengan menggunakan metode Structural Equation Modeling (SEM) jenis Partial Least Squares Path Modelling (PLS-SEM) dengan software SmartPLS 3.0. Temuan dalam kajian ini menjelaskan bahwa aspek implementasi strategi, aspek inovasi organisasi, dan aspek manajemen pengetahuan berpengaruh positif signifikan terhadap performa organisasi. Implementasi strategi digambarkan sebagai aspek yang berpengaruh paling tinggi, disusul inovasi organisasi dan manajemen pengetahuan. Berdasarkan hasil temuan tersebut, Kantor Pelayanan Pajak di wilayah Soloraya perlu memperhatikan aspek yang Implementasi Strategi, Inovasi Organisasi, dan Manajemen Pengetahuan.guna mengoptimalkan pemungutan pajak negara dan meningkatkan kepatuhan Wajib Pajak di wilayah Soloraya.
Keywords : Strategic management, strategy implementation, organizational innovation, knowledge management, PLSSEM, organizational performance, tax service office, Strategic management, strategy implementation, organizational innovation, knowledge management, PLSSEM, organizational performance, tax service office
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Tareq Kemal
Date Deposited: 19 Nov 2024 11:05
Last Modified: 19 Nov 2024 11:05
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/15356

Actions (login required)

View Item
View Item