PENERAPAN KONSEP INOVASI PEMASARAN SEBAGAI MEDIASI DALAM PENGARUH ORIENTASI PASAR TERHADAP KINERJA PEMASARAN: PERSPEKTIF RATOC

RAMADHAN, FAKHRI NAUFAL and FERDINAND, Augusty Tae,(12 December 2024), PENERAPAN KONSEP INOVASI PEMASARAN SEBAGAI MEDIASI DALAM PENGARUH ORIENTASI PASAR TERHADAP KINERJA PEMASARAN: PERSPEKTIF RATOC. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (23kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (7kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (7kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (97kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (262kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan UMKM di indonesia cukup pesat terutama di bidang food and beverage, Sektor makanan dan minuman merupakan salah satu pilar utama dalam perekonomian, terutama bagi negara-negara berkembang seperti Indonesia. UKM makanan dan minuman menghadapi berbagai tantangan, seperti keterbatasan modal, akses pasar yang sulit, perubahan preferensi konsumen, dan persaingan yang semakin ketat. Penelitian ini bertujuan untuk membawa orientasi pemasaran ke arah yang lebih produktif dan menguntungkan bagi keseluruhan strategi pemasaran perusahaan, dengan tujuan akhir meningkatkan Marketing performance sebagaimana mestinya. Tentunya penelitian ini akan menjawab mengenai adanya inkonsistensi hasil dari penelitian terdahulu dengan mengembangkan varible konseptual yang melibatkan variable network capability, marketing innovation, dan marketing agility. Penelitian ini menggunakan persepektif Resource advantage Theory of Competition yang diperkuat dari penelitian terdahulu. Responden dalam penelitian ini merupakan pelaku usaha di bidang UMKM food and beverage di kota bandung. Pengumpulan data dalam penelitian ini melibatkan 249 responden yang dianalisis secara kuantitatif menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) dengan program Analysis of Moment Structures (AMOS) versi 24. Hasil dalam penelitian ini menunjukan bahwa ada hubungan antara market orientation dengan marketin performance yang diperkuat oleh mediasi dari network capability, marketing innovation dan marketing agility. Market orientation memiliki pengaruh positif terhadap network capability yang memiliki pengaruh positif terhadap marketing agility yang memiliki pengaruh positif terhadap marketing performance. Kemudian market orientation memiliki pengaruh positif terhadap marketing innovation yang memiliki pengaruh positif terhadap marketing agility yang memiliki pengaruh positif marketing performance. Terdapat satu hipotesis yang tidak ditolak yaitu hubungan antara marketing innovation terhadap marketing performance. Diharapkan penelitian ini dapat bermanfaat bagi para pemilik UKM terutama di bidang food and beverage untuk mencapai keunggulan kompetitif usaha dengan merancang strategi yang baik.
Keywords : Market orientation, Marketing Performance, SMEs, Market orientation, Marketing Performance, UKM
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Fakhri Naufal Ramadhan
Date Deposited: 18 Dec 2024 01:44
Last Modified: 18 Dec 2024 01:44
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/15483

Actions (login required)

View Item
View Item