RAMADHAN, FAKHRI NAUFAL and FERDINAND, Augusty Tae,(12 December 2024), PENERAPAN KONSEP INOVASI PEMASARAN SEBAGAI MEDIASI DALAM PENGARUH ORIENTASI PASAR TERHADAP KINERJA PEMASARAN: PERSPEKTIF RATOC. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (23kB)
Download (23kB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (7kB)
Download (7kB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (7kB)
Download (7kB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (97kB)
Download (97kB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (262kB)
Download (262kB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
Abstract
Perkembangan UMKM di indonesia cukup pesat terutama di bidang food and
beverage, Sektor makanan dan minuman merupakan salah satu pilar utama dalam
perekonomian, terutama bagi negara-negara berkembang seperti Indonesia. UKM
makanan dan minuman menghadapi berbagai tantangan, seperti keterbatasan
modal, akses pasar yang sulit, perubahan preferensi konsumen, dan persaingan
yang semakin ketat. Penelitian ini bertujuan untuk membawa orientasi pemasaran
ke arah yang lebih produktif dan menguntungkan bagi keseluruhan strategi
pemasaran perusahaan, dengan tujuan akhir meningkatkan Marketing performance
sebagaimana mestinya. Tentunya penelitian ini akan menjawab mengenai adanya
inkonsistensi hasil dari penelitian terdahulu dengan mengembangkan varible
konseptual yang melibatkan variable network capability, marketing innovation, dan
marketing agility. Penelitian ini menggunakan persepektif Resource advantage
Theory of Competition yang diperkuat dari penelitian terdahulu. Responden dalam
penelitian ini merupakan pelaku usaha di bidang UMKM food and beverage di kota
bandung. Pengumpulan data dalam penelitian ini melibatkan 249 responden yang
dianalisis secara kuantitatif menggunakan Structural Equation Modeling (SEM)
dengan program Analysis of Moment Structures (AMOS) versi 24.
Hasil dalam penelitian ini menunjukan bahwa ada hubungan antara market
orientation dengan marketin performance yang diperkuat oleh mediasi dari
network capability, marketing innovation dan marketing agility. Market orientation
memiliki pengaruh positif terhadap network capability yang memiliki pengaruh
positif terhadap marketing agility yang memiliki pengaruh positif terhadap
marketing performance. Kemudian market orientation memiliki pengaruh positif
terhadap marketing innovation yang memiliki pengaruh positif terhadap marketing
agility yang memiliki pengaruh positif marketing performance. Terdapat satu
hipotesis yang tidak ditolak yaitu hubungan antara marketing innovation terhadap
marketing performance. Diharapkan penelitian ini dapat bermanfaat bagi para
pemilik UKM terutama di bidang food and beverage untuk mencapai keunggulan
kompetitif usaha dengan merancang strategi yang baik.
Keywords : | Market orientation, Marketing Performance, SMEs, Market orientation, Marketing Performance, UKM |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Masters) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Fakhri Naufal Ramadhan |
Date Deposited: | 18 Dec 2024 01:44 |
Last Modified: | 18 Dec 2024 01:44 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/15483 |