DANI, AKHMAD NUR and INDRIANI, Farida,(23 December 2024), STUDI INTENSI PEMBELIAN GENERASI Z MENGGUNAKAN FOOD VLOGGER SEBAGAI SUMBER INFORMASI. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (214kB)
Download (214kB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (247kB)
Download (247kB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (295kB)
Download (295kB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (304kB)
Download (304kB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (278kB)
Download (278kB)
Text (Fulltext PDF Bookmark)
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Dengan berkembang informasi online yang pesat di zaman sekarang, saat ini
masyarakat semakin mudah untuk memperoleh informasi secara instan. Kebiasaan
masyarakat pun berubah dari hanya sekedar membaca teks dan melihat gambar
menjadi menonton video seperti YouTube, TikTok, Instagram Facebook dll.
Terdapat 213 Juta pengguna internet atau hampir 77% dari total penduduk yang ada
di Indonesia. Dari jumlah tersebut terdapat pengguna media sosial sebanyak 167
juta pengguna di bulan Januari 2023. Kebanyakan pengguna sosial media masih di
dominasi oleh generasi Z yang dimana mereka akan menjadi pendorong ekonomi
digital kedepanya. Penelitian in bertujuan untuk menganalisis pengaruh dari
Persepsi, Kesamaan, Keahlian, Kepercayaan dan Keterbukaan terhadap Intensi
Pembelian melalui Interaksi Parasosial sebagai variabel Mediasi hubungan
tersebut. Sampel Penelitian ini berjumlah 103 responden dengan kelahiran
tahun1997-2012. Metode yang digunakan untuk Simple Random Sampling dengan
menggunakan SmartPLS SEM (Partial Least Squares Structural Equation
Modelling). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Persepsi Kesamaan dan
Kepercayaan memiliki dampak positif terhadap Interaksi Parasosial. Sebaliknya,
Keahlian dan Keterbukaan Diri tidak menunjukkan pengaruh positif terhadap
Interaksi Parasosial. Selain itu, Interaksi Parasosial terbukti memiliki dampak
positif terhadap Intensi Pembelian. Temuan ini memberikan kontribusi signifikan
bagi pengembangan teori interaksi parasosial, khususnya dalam konteks media
sosial dan strategi pemasaran influencer. Berdasarkan temuan, persepsi kesamaan,
kepercayaan, dan interaksi parasosial secara keseluruhan terbukti mempengaruhi
hubungan emosional antara audiens dan tokoh media, yang pada gilirannya
mempengaruhi niat pembelian mereka.
Keywords : | Perceive Similiarities, Perceive Expertiness, Perceive Credibility, Parasocial Interaction and Purchase Intention., Persepsi Kesamaan, Keahlian, Kepercayaan, Keterbukaan, Interaksi Parasosial dan Intensi Pembelian |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Masters) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Akhmad Nur Dani |
Date Deposited: | 13 Jan 2025 06:44 |
Last Modified: | 13 Jan 2025 06:50 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/15661 |