STUDI INTENSI PEMBELIAN GENERASI Z MENGGUNAKAN FOOD VLOGGER SEBAGAI SUMBER INFORMASI

DANI, AKHMAD NUR and INDRIANI, Farida,(23 December 2024), STUDI INTENSI PEMBELIAN GENERASI Z MENGGUNAKAN FOOD VLOGGER SEBAGAI SUMBER INFORMASI. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (214kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (247kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (295kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (304kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (278kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmark] Text (Fulltext PDF Bookmark)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Dengan berkembang informasi online yang pesat di zaman sekarang, saat ini masyarakat semakin mudah untuk memperoleh informasi secara instan. Kebiasaan masyarakat pun berubah dari hanya sekedar membaca teks dan melihat gambar menjadi menonton video seperti YouTube, TikTok, Instagram Facebook dll. Terdapat 213 Juta pengguna internet atau hampir 77% dari total penduduk yang ada di Indonesia. Dari jumlah tersebut terdapat pengguna media sosial sebanyak 167 juta pengguna di bulan Januari 2023. Kebanyakan pengguna sosial media masih di dominasi oleh generasi Z yang dimana mereka akan menjadi pendorong ekonomi digital kedepanya. Penelitian in bertujuan untuk menganalisis pengaruh dari Persepsi, Kesamaan, Keahlian, Kepercayaan dan Keterbukaan terhadap Intensi Pembelian melalui Interaksi Parasosial sebagai variabel Mediasi hubungan tersebut. Sampel Penelitian ini berjumlah 103 responden dengan kelahiran tahun1997-2012. Metode yang digunakan untuk Simple Random Sampling dengan menggunakan SmartPLS SEM (Partial Least Squares Structural Equation Modelling). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Persepsi Kesamaan dan Kepercayaan memiliki dampak positif terhadap Interaksi Parasosial. Sebaliknya, Keahlian dan Keterbukaan Diri tidak menunjukkan pengaruh positif terhadap Interaksi Parasosial. Selain itu, Interaksi Parasosial terbukti memiliki dampak positif terhadap Intensi Pembelian. Temuan ini memberikan kontribusi signifikan bagi pengembangan teori interaksi parasosial, khususnya dalam konteks media sosial dan strategi pemasaran influencer. Berdasarkan temuan, persepsi kesamaan, kepercayaan, dan interaksi parasosial secara keseluruhan terbukti mempengaruhi hubungan emosional antara audiens dan tokoh media, yang pada gilirannya mempengaruhi niat pembelian mereka.
Keywords : Perceive Similiarities, Perceive Expertiness, Perceive Credibility, Parasocial Interaction and Purchase Intention., Persepsi Kesamaan, Keahlian, Kepercayaan, Keterbukaan, Interaksi Parasosial dan Intensi Pembelian
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Akhmad Nur Dani
Date Deposited: 13 Jan 2025 06:44
Last Modified: 13 Jan 2025 06:50
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/15661

Actions (login required)

View Item
View Item