PENGARUH PROMOSI,KEMUDAHAN PENGGUNAAN,DAN KEAMANAN TRANSAKSI TERHADAP MINAT KONSUMEN DALAM MENGADOPSI TEKNOLOGI PEMBAYARAN DIGITAL QRIS DENGAN KESADARAN KONSUMEN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada pengguna GoPay di Kota Semarang)

TJUGIARTO, Aldy and SOESANTO, Harry,(22 January 2025), PENGARUH PROMOSI,KEMUDAHAN PENGGUNAAN,DAN KEAMANAN TRANSAKSI TERHADAP MINAT KONSUMEN DALAM MENGADOPSI TEKNOLOGI PEMBAYARAN DIGITAL QRIS DENGAN KESADARAN KONSUMEN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada pengguna GoPay di Kota Semarang). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (1MB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (1MB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (1MB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (1MB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (1MB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Strategi pemasaran yang paling sering kita temui pada berbagai macam perusahaan adalah melalui promosi yang diberikan yang dapat meningkatkan popularitas dan kesadaran akan suatu produk.Promosi tersebut akan memberikan pengaruh terhadap minat konsumen dalam menggunakannya.Kemudahan yang dirasakan oleh konsumen menjadi salah datu faktor penting dalam meningkatkan minat penggunaan yang juga dinaungi oleh tingkat keamanan transaksi yang baik,sehingga tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan yang dapat disebabkan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.Penelitian yang telah dilakukan memiliki tujuan untuk menentukan model,hipotesis,indicator,dan mengetahui pengaruh promosi,kemudahan dan keamanan terhadap minat konsumen dalam mengadopsi teknologi pembayaran Q RIS dengan kesadaran konsumen sebagai variabel Intervening. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara Promosi, Kemudahan Penggunaan , dan Keamanan Transaksi terhadap Minat Konsumen dalam mengadopsi teknologi pembayaran digital QRIS dengan mempertimbangkan peran kesadaran konsumen sebagai variabel intervening. Data yang didapat diambil dari 122 responden yang dipilih dengan menggunakan purposive sampling dengan kriteria berusia diatas 17 Tahun, berdomisili di Kota Semarang, dan merupakan pengguna atau pernah melakukan transaksi menggunakan dompet digital GoPay.Penelitian inj menguji hipotesis menggunakan metode Structural Equation Model (SEM),yang diolah melalui program aplikasi Smart PLS Hasil dari penelitian menyatakan bahwa promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesadaran konsumen, Keamanan transaksi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesadaran konsumen,namun kemudahan penggunaan berpengaruh tidak signifikan terhadap kesadaran konsumen.kesadaran konsumen berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat penggunaan,promosi dan kemudahan penggunaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat penggunaan, namun keamanan transaksi berpengaruh tidak signifikan terhadap minat penggunaan.
Keywords : Promotion,Ease of Use,Transaction Security,Interest in Use,Consumer Awareness, Promosi,Kemudahan Penggunaan,Keamanan Transaksi,Minat Penggunaan,Kesadaran Konsumen.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Aldy Tjugiarto
Date Deposited: 21 Feb 2025 06:11
Last Modified: 21 Feb 2025 06:11
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/15805

Actions (login required)

View Item
View Item