TJUGIARTO, Aldy and SOESANTO, Harry,(22 January 2025), PENGARUH PROMOSI,KEMUDAHAN PENGGUNAAN,DAN KEAMANAN TRANSAKSI TERHADAP MINAT KONSUMEN DALAM MENGADOPSI TEKNOLOGI PEMBAYARAN DIGITAL QRIS DENGAN KESADARAN KONSUMEN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada pengguna GoPay di Kota Semarang). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
![[thumbnail of Cover]](https://repofeb.undip.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Download (1MB)
![[thumbnail of Abstrak (Inggris)]](https://repofeb.undip.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Download (1MB)
![[thumbnail of Abstrak (Indonesia)]](https://repofeb.undip.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Download (1MB)
![[thumbnail of Daftar Isi]](https://repofeb.undip.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Download (1MB)
![[thumbnail of Daftar Pustaka]](https://repofeb.undip.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Download (1MB)
![[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks]](https://repofeb.undip.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
Abstract
Strategi pemasaran yang paling sering kita temui pada berbagai macam
perusahaan adalah melalui promosi yang diberikan yang dapat meningkatkan
popularitas dan kesadaran akan suatu produk.Promosi tersebut akan memberikan
pengaruh terhadap minat konsumen dalam menggunakannya.Kemudahan yang
dirasakan oleh konsumen menjadi salah datu faktor penting dalam meningkatkan
minat penggunaan yang juga dinaungi oleh tingkat keamanan transaksi yang
baik,sehingga tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan yang dapat disebabkan
oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.Penelitian yang telah dilakukan
memiliki tujuan untuk menentukan model,hipotesis,indicator,dan mengetahui
pengaruh promosi,kemudahan dan keamanan terhadap minat konsumen dalam
mengadopsi teknologi pembayaran Q RIS dengan kesadaran konsumen sebagai
variabel Intervening.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara Promosi,
Kemudahan Penggunaan , dan Keamanan Transaksi terhadap Minat Konsumen
dalam
mengadopsi
teknologi
pembayaran
digital
QRIS dengan
mempertimbangkan peran kesadaran konsumen sebagai variabel intervening. Data
yang didapat diambil dari 122 responden yang dipilih dengan menggunakan
purposive sampling dengan kriteria berusia diatas 17 Tahun, berdomisili di Kota
Semarang, dan merupakan pengguna atau pernah melakukan transaksi
menggunakan dompet digital GoPay.Penelitian inj menguji hipotesis
menggunakan metode Structural Equation Model (SEM),yang diolah melalui
program aplikasi Smart PLS
Hasil dari penelitian menyatakan bahwa promosi berpengaruh positif dan
signifikan terhadap kesadaran konsumen, Keamanan transaksi berpengaruh positif
dan signifikan terhadap kesadaran konsumen,namun kemudahan penggunaan
berpengaruh tidak signifikan terhadap kesadaran konsumen.kesadaran konsumen
berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat penggunaan,promosi dan
kemudahan penggunaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat
penggunaan, namun keamanan transaksi berpengaruh tidak signifikan terhadap
minat penggunaan.
Keywords : | Promotion,Ease of Use,Transaction Security,Interest in Use,Consumer Awareness, Promosi,Kemudahan Penggunaan,Keamanan Transaksi,Minat Penggunaan,Kesadaran Konsumen. |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Aldy Tjugiarto |
Date Deposited: | 21 Feb 2025 06:11 |
Last Modified: | 21 Feb 2025 06:11 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/15805 |