SUTRISNO, Ikawati Rosma and RAHARJA, Surya,(24 March 2025), PENGARUH GREEN PERCEIVED VALUE DAN GREEN BRAND IMAGE TERHADAP KEUNGGULAN KOMPETITIF MELALUI CUSTOMER TRUST SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi Pada Program KPP Green Financing Bank Rakyat Indonesia). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
![[thumbnail of Cover]](https://repofeb.undip.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Download (21kB)
![[thumbnail of Abstrak (Inggris)]](https://repofeb.undip.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Download (180kB)
![[thumbnail of Abstrak (Indonesia)]](https://repofeb.undip.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Download (230kB)
![[thumbnail of Daftar Isi]](https://repofeb.undip.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Download (206kB)
![[thumbnail of Daftar Pustaka]](https://repofeb.undip.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Download (176kB)
![[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks]](https://repofeb.undip.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
Abstract
Perbankan mengadakan program KPR hijau sebagai bentuk tanggungjawab
industri terhadap keberlanjutan lingkungan. Bank BRI, sebagai subjek penelitian
ini, berharap bahwa melalui KPP Green Financing mereka dapat memberikan
keunggulan bersaing bagi perusahaan. Namun bank dihadapkan pada masalah
bahwa tingkat kesadaran pelaku usaha seperti pengembang dan konsumen atas isu
lingkungan masih rendah, sehingga bank masih kesulitan untuk menghasilkan
pendapatan melalui program ini. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan
menginvestigasi faktor-faktor apa saja yang memengaruhi keunggulan bersaing
dalam konteks pengadaan program KPP Green Financing di Bank BRI. Penelitian
ini dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan metode campuran, yakni
kuantitatif dan kualitatif. Dalam pengujian kuantitatif terhadap 112 nasabah KPP
Green Financing, ditemukan bahwa green perceived value dan green brand image
memberikan pengaruh yang signifikan dan positif terhadap competitive advantage
dan customer trust, namun customer trust tidak mempengaruhi competitive
advantage secara signifikan. Hasil pengujian kualitatif yang dilakukan dengan
metode wawancara lanjutan terhadap 2 nasabah yang telah mengisi kuesioner
mengungkap bahwa kepercayaan pelanggan tidak memengaruhi keunggulan
bersaing karena bank kurang melakukan promosi dan edukasi terkait program KPP
Green Financing. Wawancara juga dilakukan terhadap pengembang yang
mengungkap informasi bahwa peluang pasar untuk rumah ramah lingkungan ada,
hanya kemitraan antara bank dengan pengembang perlu ditingkatkan agar
kesadaran masyarakat semakin terbentuk.
Keywords : | Green Mortgage, KPP Green Financing BRI, Green Perceived Value, Green Brand Image, Competitive Advantage, Customer Trust, KPR Hijau, KPP Green Financing BRI, Green Perceived Value, Green Brand Image, Competitive Advantage, Customer Trust |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Masters) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Ikawati Rosma Sutrisno |
Date Deposited: | 09 Apr 2025 10:49 |
Last Modified: | 09 Apr 2025 10:49 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/16071 |