PENGARUH GREEN PERCEIVED VALUE DAN GREEN BRAND IMAGE TERHADAP KEUNGGULAN KOMPETITIF MELALUI CUSTOMER TRUST SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi Pada Program KPP Green Financing Bank Rakyat Indonesia)

SUTRISNO, Ikawati Rosma and RAHARJA, Surya,(24 March 2025), PENGARUH GREEN PERCEIVED VALUE DAN GREEN BRAND IMAGE TERHADAP KEUNGGULAN KOMPETITIF MELALUI CUSTOMER TRUST SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi Pada Program KPP Green Financing Bank Rakyat Indonesia). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (21kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (180kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (230kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (206kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (176kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Perbankan mengadakan program KPR hijau sebagai bentuk tanggungjawab industri terhadap keberlanjutan lingkungan. Bank BRI, sebagai subjek penelitian ini, berharap bahwa melalui KPP Green Financing mereka dapat memberikan keunggulan bersaing bagi perusahaan. Namun bank dihadapkan pada masalah bahwa tingkat kesadaran pelaku usaha seperti pengembang dan konsumen atas isu lingkungan masih rendah, sehingga bank masih kesulitan untuk menghasilkan pendapatan melalui program ini. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menginvestigasi faktor-faktor apa saja yang memengaruhi keunggulan bersaing dalam konteks pengadaan program KPP Green Financing di Bank BRI. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan metode campuran, yakni kuantitatif dan kualitatif. Dalam pengujian kuantitatif terhadap 112 nasabah KPP Green Financing, ditemukan bahwa green perceived value dan green brand image memberikan pengaruh yang signifikan dan positif terhadap competitive advantage dan customer trust, namun customer trust tidak mempengaruhi competitive advantage secara signifikan. Hasil pengujian kualitatif yang dilakukan dengan metode wawancara lanjutan terhadap 2 nasabah yang telah mengisi kuesioner mengungkap bahwa kepercayaan pelanggan tidak memengaruhi keunggulan bersaing karena bank kurang melakukan promosi dan edukasi terkait program KPP Green Financing. Wawancara juga dilakukan terhadap pengembang yang mengungkap informasi bahwa peluang pasar untuk rumah ramah lingkungan ada, hanya kemitraan antara bank dengan pengembang perlu ditingkatkan agar kesadaran masyarakat semakin terbentuk.
Keywords : Green Mortgage, KPP Green Financing BRI, Green Perceived Value, Green Brand Image, Competitive Advantage, Customer Trust, KPR Hijau, KPP Green Financing BRI, Green Perceived Value, Green Brand Image, Competitive Advantage, Customer Trust
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Ikawati Rosma Sutrisno
Date Deposited: 09 Apr 2025 10:49
Last Modified: 09 Apr 2025 10:49
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/16071

Actions (login required)

View Item
View Item