ANALISIS PRICE ENDING 9 DAN QUANTITY OF POST, VIEW & REVIEW TERHADAP PURCHASE INTENTION: KAJIAN SOURCE CREDIBILITY THEORY (Studi pada Konsumen Fashion di Kota Semarang)

NUGRAHENI, Ristihana Adillia and BATU, Kardison Lumban,(30 April 2025), ANALISIS PRICE ENDING 9 DAN QUANTITY OF POST, VIEW & REVIEW TERHADAP PURCHASE INTENTION: KAJIAN SOURCE CREDIBILITY THEORY (Studi pada Konsumen Fashion di Kota Semarang). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (21kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (108kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (107kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (132kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (132kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan industri fashion yang semakin pesat, terutama di era digital, menuntut pelaku usaha untuk menerapkan strategi pemasaran yang tidak hanya menarik tetapi juga efektif dalam memengaruhi perilaku konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh price ending 9 dan quantity of post, view & review terhadap purchase intention dengan menggunakan pendekatan source credibility theory. Selain itu, penelitian ini juga menguji peran mediasi dari source credibility dan consumers’s attitude towards UGC dalam memperkuat pengaruh variabel independen terhadap niat pembelian. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan Structural Equation Modeling (SEM) menggunakan AMOS, dengan sampel penelitian sebanyak 215 responden yang merupakan konsumen fashion di Kota Semarang dan pernah menonton User Generated Content (UGC) terkait produk fashion. Hasil penelitian menunjukkan bahwa price ending 9 tidak berpengaruh langsung terhadap purchase intention, namun berpengaruh positif dan signifikan terhadap consumers’s attitude towards UGC. Sementara itu, quantity of post, view & review terbukti berpengaruh positif dan signifikan terhadap source credibility dan consumers’s attitude towards UGC. Selain itu, source credibility berpengaruh positif terhadap consumers’ attitude towards UGC dan purchase intention, sedangkan consumers’s attitude towards UGC berpengaruh positif dan signifikan terhadap purchase intention. Temuan ini menegaskan pentingnya membangun kredibilitas dan sikap positif terhadap konten pengguna sebagai upaya untuk meningkatkan niat pembelian konsumen di industri fashion.
Keywords : Price Ending 9, Quantity of Post View & Review, Source Credibility, Consumers’s Attitude toward UGC, Purchase Intention., Harga Berakhiran 9, Jumlah Postingan, Tayangan & Ulasan, Kredibilitas Sumber, Sikap Konsumen terhadap UGC, Niat Pembelian.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Ristihana Adillia Nugraheni
Date Deposited: 04 Jun 2025 07:54
Last Modified: 04 Jun 2025 07:54
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/16204

Actions (login required)

View Item
View Item