Peningkatan Kualitas AMDK dengan Pendekatan Quality Function Deployment (QFD) (Studi pada PT. Mandabella Aerindo)

ORYZA, Isabella Dewi and DWIYANTO, . Bambang Munas,(16 July 2019), Peningkatan Kualitas AMDK dengan Pendekatan Quality Function Deployment (QFD) (Studi pada PT. Mandabella Aerindo). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of 16. S - Fulltext PDF Bookmarks -12010114120077.pdf] Text
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

PT. Mandabella Aerindo merupakan perusahaan yang memproduksi dan menjual AMDK dengan merek ORYZ yang didirikan oleh Dody Suprihartono pada tahun 2012. Perusahaan ini beroperasi di Serang dan penjualan mencakup beberapa daerah di Banten. Bisnis AMDK merupakan bisnis yang memiliki banyak risiko, salah satunya adalah cacat produk. Cacat produk disebabkan oleh kualitas yang rendah dari suatu produk, dimana hal ini menyebabkan perusahaan menerima banyak retur dari pelanggan. Masalah retur ini kemudian menyebabkan perusahaan kehilangan pelanggannya, dan akan memberikan dampak yang semakin buruk apabila perusahaan tidak menanganinya dengan serius. Salah satu cara untuk menangani retur adalah dengan melakukan perbaikan kualitas produk agar tingkat cacat produk menurun. Perbaikan kualitas juga bermanfaat bagi perusahaan agar dapat memberikan produk yang sesuai dengan harapan dan keinginan pelanggan. Penilitian ini bertujuan untuk menganalisis prioritas persyaratan pelanggan AMDK ORYZ yang dikelompokan dalam delapan dimensi pengukuran kualitas menurut Garvin, yaitu performance, features, reliability, conformance, durability, serviceability, aesthetics, dan perceived quality. Jumlah sampel dalam penelitian ini dipilih dengan teknik purposive sampling dan dikumpulkan melalui teknik kuesioner. Penelitian ini melibatkan 96 responden yang merupakan toko pengecer AMDK ORYZ yang tersebar di Serang, Banten. Penelitian ini juga melibatkan penilaian dari pihak PT. Mandabella Aerindo untuk menguatkan penilaian dari pelanggan. Prioritas persyaratan pelanggan dianalisa dengan menggunakan metode Importance-Performance Analysis (IPA) dan Quality Function Deployment (QFD). Hasil penelitian ini ditemukan bahwa “AMDK tidak mudah bocor” merupakan atribut persyaratan pelanggan yang memiliki prioritas tertinggi berdasarkan analisis IPA dan QFD (dengan nilai normalized raw weight 6.55%). Sementara atribut “Menerima jumlah permintaan” merupakan karakteristik teknis perusahaan yang menjadi prioritas tertinggi (dengan nilai bobot relatif 14.52%).
Keywords : Packaged Water, PT. Mandabella Aerindo, Product Quality, 8 Quality Dimensions of Garvin, Quality Function Deployment, QFD., AMDK, PT. Mandabella Aerindo, Kualitas Produk, 8 Dimensi Kualitas Garvin, Quality Function Deployment, QFD.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Eriana Ringgowati
Date Deposited: 24 Jan 2020 05:27
Last Modified: 24 Jan 2020 05:27
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/1723

Actions (login required)

View Item
View Item