KURNIAWAN, Danang and MUDIANTONO, Mudiantono,(8 September 2018), ANALISIS PENGARUH INOVASI DAN KEUNGGULAN BERSAING SEBAGAI VARIABEL INTERVENING ORIENTASI PASAR DAN PENGGUNAAN ERP TERHADAP KINERJA PEMASARAN (Studi Pada Usaha Mikro Kecil dan Menangah di Kota Semarang). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text
Download (3MB)
Download (3MB)
Text
Download (3MB)
Download (3MB)
Text
Download (3MB)
Download (3MB)
Text
Download (3MB)
Download (3MB)
Text
Download (3MB)
Download (3MB)
Text
Restricted to Repository staff only
Download (3MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (3MB) | Request a copy
Abstract
Persaingan bisnis di era globalisasi saat ini menuntut perusahaan memiliki strategi untuk memenangkan pasar. Menejemen strategik memiliki peran penting bagi kelangsungan perusahaan. Adanya persaingan tersebut juga dirasakan oleh bisnis kecil seperti Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Terjadinya peningkatan jumlah unit UMKM di Jawa tengah tidak diikuti dengan peningkatan rata – rata omset per UMKM. Penelitian ini bertujuan untuk menganaisis mengenai pengaruh inovasi dan keunggulan bersaing sebagai variabel intervening orientasi pasar dan penggunaan ERP terhadap kinerja pemasaran.
Populasi dalam penelitian ini adalah pemilik usaha mikro kecil dan memengah, dimana responden merupakan pemilik usaha mikro kecil dan menengah di Kota Semarang. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 128 responden. Adapun metode pengumpulan data yang dilakukan melalui metode kuesioner. Penelitian ini menggunakan teknik analisis Structural Equation Modeling (SEM) dengan menggunakan alat analisis AMOS 24.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa orientasi pasar barpengaruh positif dan signifikan terhadap inovasi, penggunaan ERP barpengaruh positif dan signifikan terhadap inovasi, orientasi pasar barpengaruh positif dan signifikan terhadap keunggulan bersaing, penggunaan ERP barpengaruh positif dan signifikan terhadap keunggulan bersaing, inovasi barpengaruh positif dan signifikan terhadap keunggulan bersaing, orientasi pasar barpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran, inovasi barpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran serta keunggulan bersaing barpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap kinerja pemasaran.
Keywords : | Market Orientation, Implementation ERP, Innovation, Competitive Advantage, Marketing Performance, Orientasi Pasar, Penggunaan ERP, Inovasi, keunggulan Bersaing, Kinerja pemasaran |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Heru Prastyo |
Date Deposited: | 24 Jan 2020 10:05 |
Last Modified: | 24 Jan 2020 10:05 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/1845 |