ARFENDA, Afif and MUDIANTONO, Mudiantono,(10 June 2019), PENGARUH ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN DAN PASAR, SERTA KOMPETENSI PENGETAHUAN PEMASARAN PADA PENINGKATAN KINERJA PEMASARAN DENGAN KAPABILITAS PEMASARAN SEBAGAI INTERVENING (Studi Pada Konveksi Batik/Garment Kota Pekalongan). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text
Download (2MB)
Download (2MB)
Text
Download (1MB)
Download (1MB)
Text
Download (1MB)
Download (1MB)
Text
Download (1MB)
Download (1MB)
Text
Download (1MB)
Download (1MB)
Text
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini dilakukan berdasarkan kesejangan dari penelitian terdahulu (reserch gab) dan permasalahan penelitian (reserch problem) terkait ketatnya persaingan pada usaha konveksi batik/garment di Kota Pekalongan yang menjual Batik khas Pekalongan, sehingga mendorong perusahaan untuk meningkatkan kinerjanya terkhusu pada kinerja pemasarannya. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana pengaruh orientasi kewirausahaan, orientasi pasar, kompetensi pengetahuan pemasaran, serta kapabilitas pemasaran sebagai variabel intervening terhadap kinerja pemasaran.
Pengambilan sampel yang dilakukan pada penelitian ini menggunakan metode purposive sampling pada usaha konveksi batik/garment di Kota Pekalongan. Jumlah sampel sebanyak 112 yang sudah berjalan minimal pada kurun waktu 3 tahun. Responden pada penelitian ini adalah para pemilik usaha, manajer, atau orang yang dipercayai oleh pemilik usaha. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa pengisian kuisioner oleh para responden. Teknik analisis yang digunakan pada penilitian ini adalah Structural Equation Model (SEM) yang dioperasikan dengan program Amos.
Secara keseluruhan, hasil penelitian menunjukkan bahwa orientasi kewirausahaan, orientasi pasar, kompetensi pengetahuan pemasaran memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kapabilitas pemasaran. Orientasi kewirausahaan, kompetensi pengetahuan pemasaran, dan kapabilitas pemasaran memilik pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran.
Keywords : | Entrepreneurship Orientation, Market Orientation, Marketing Knowledge Competence, Marketing Capability, and Marketing Performance., Orientasi Kewirausahaan, Orientasi Pasar, Kompetensi Pengetahuan Pemasaran, Kapabilitas Pemasaran, dan Kinerja Pemasaran |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Nila Nurjanah |
Date Deposited: | 27 Jan 2020 02:36 |
Last Modified: | 27 Jan 2020 02:36 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/1890 |