ANALISIS PENGARUH KUALITAS LAYANAN, FASILITAS, CITRA RUMAH SAKIT, KEPUASAN PASIEN DALAM RANGKA MENINGKATKAN LOYALITAS PASIEN (Studi Pada Pasien Rawat Inap RSUD Tugurejo Semarang)

SHARON, Lyrissa Gisela and SANTOSA, Suryono Budi,(2 May 2017), ANALISIS PENGARUH KUALITAS LAYANAN, FASILITAS, CITRA RUMAH SAKIT, KEPUASAN PASIEN DALAM RANGKA MENINGKATKAN LOYALITAS PASIEN (Studi Pada Pasien Rawat Inap RSUD Tugurejo Semarang). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of 1. S - Cover - 12010113140265.pdf] Text - Published Version
Download (3MB)
[thumbnail of 4. S - Abstrak (Inggris) - 12010113140265.pdf] Text - Published Version
Download (3MB)
[thumbnail of 5. S - Abstrak (Indonesia) - 12010113140265.pdf] Text - Published Version
Download (3MB)
[thumbnail of 6. S - Daftar Isi - 12010113140265.pdf] Text - Published Version
Download (3MB)
[thumbnail of 12. S - Daftar Pustaka - 12010113140265.pdf] Text - Published Version
Download (3MB)
[thumbnail of 16. S - Fulltext PDF Bookmarks - 12010113140265.pdf] Text
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini ialah peningkatan jumlah komplain pasien rawat inap khususnya pada kualitas layanan dan sarana-prasarana. Jumlah komplain yang bertambah mengakibatkan ketidakpuasan dan akan mempengaruhi loyalitas pasien. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan, fasilitas, citra rumah sakit, kepusan pasien terhadap loyalitas pasien rawat inap RSUD Tugurejo Semarang. Teknik yang digunakan pada penelitian ini yaitu Non-Probability Sampling dengan pendekatan Purposive Sampling, yaitu pernah menggunakan jasa rawat inap RSUD Tugurejo di tahun 2016, yang sesuai untuk menjadi sampel. Pengambilan data melalui 182 pasien rawat inap dengan tujuan mengetahui tanggapan responden terhadap variabel-variabel yang diteliti dengan alat bantu kuesioner, menggunakan skala Likert 1-10. Teknik analisa dan interprestasi data menggunakan SEM (Structural Equation Modeling), sesuai dengan model yang dikembangkan dalam penelitian ini, pengoperasian melalui program Amos versi 22.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas layanan berpengaruh positif terhadap citra rumah sakit, kualitas layanan berpengaruh terhadap kepuasan pasien, kualitas layanan berpengaruh terhadap loyalitas pasien. Fasilitas berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kualitas layanan, fasilitas berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap citra rumah sakit, fasilitas berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kepuasan pasien. Kemudian, citra rumah sakit berpengaruh positif terhadap loyalitas pasien. Serta kepuasan pasien memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap loyalitas pasien.
Keywords : service quality, corporate image, hospital image, facility, customer satisfaction, patient satisfaction, customer loyalty, patient loyalty., kualitas layanan, citra perusahaan, citra rumah sakit, fasilitas, kepuasan pelanggan, kepuasan pasien, loyalitas pelanggan, loyalitas pasien.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Arief Eryka Zendy
Date Deposited: 06 Feb 2020 03:59
Last Modified: 06 Feb 2020 03:59
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/2312

Actions (login required)

View Item
View Item