ANALISIS PERILAKU KONSUMEN MUSLIM DAN PERILAKU EXPENDITURE SWITCHING KONSUMEN MUSLIM TERHADAP KONSUMSI KOSMETIK BERLABEL HALAL

HUSNA, Royhanatul and KURNIA, Akhmad Syakir,(31 December 2016), ANALISIS PERILAKU KONSUMEN MUSLIM DAN PERILAKU EXPENDITURE SWITCHING KONSUMEN MUSLIM TERHADAP KONSUMSI KOSMETIK BERLABEL HALAL. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of 16. S – Fulltext PDF Bookmarks – 12020112130057.pdf] Text
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Kegiatan konsumsi tidak bisa lepas dari kehidupan manusia. Bagi umat muslim kehalalan merupakan syarat mutlak dalam setiap produk yang akan dikonsumsinya, termasuk produk kosmetik. Saat ini, produk kosmetik berlabel halal banyak beredar di pasar Indonesia. Akan tetapi, dilingkungan sekitar peneliti masih banyak konsumen muslim yang tidak mengkonsumsi kosmetik berlabel halal. Labelisasi halal dianggap sebagai jalan yang mampu memudahkan konsumen untuk mendapatkan informasi tentang kehalalan produk yang akan dikonsumsinya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perilaku konsumen muslim dalam mengkonsumsi kosmetik berlabel halal serta menganalisis perilaku expenditure switching dalam konsumsi kosmetiknya. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling, dengan kriteria responden yang ditentukan adalah: mahasiswi S1 FEB Undip, beragama islam, dan menggunakan kosmetik. Jumlah sampel adalah 94 responden yang ditentukan menggunakan metode Slovin. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis diskriptif, analisis komponen utama dan analisis regresi logistik. Analisis statistik deskriptif digunakan untuk mengidentifikasi karakteristik responden dan beberapa jawaban langsung responden. Analisis Komponen Utama (AKU) digunakan untuk mereduksi pertanyaan–pertanyaan variabel asli menjadi beberapa variabel konstruk yang tidak berkorelasi dan mampu menyerap sebagian besar informasi variabel asli. Hasil AKU yang dilakukan mampu mereduksi 57 buah pertanyaan menjadi 15 variabel konstruk. Regresi logistik dilakukan untuk menganalisis pengaruh lima belas variabel konstruk dan variabel pendapatan terhadap variabel dependen. Hasil regresi logistik menunjukan bahwa perilaku konsumen muslim dalam mengkonsumsi kosmetik berlabel halal didorong oleh : (1) Harga non nominal kosmetik tanpa label halal, (2) religiusitas dimensi pengetahuan, (3) tipe peergroup, (4) proses belajar, (5) Kualitas internal produk, dan (6) Kualitas eksternal produk. Sedangkan pola expenditure switching konsumen sebagian besar didorong oleh tipe peergroup.
Keywords : Expenditure Switching, Labeled Halal Cosmetics, Logistic regression, Muslim Consumer Behavior, PCA, AKU, Expenditure Switching, Kosmetik Berlabel Halal, Perilaku Konsumen Muslim, Regresi Logistik
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Pembangunan
Depositing User: Heru Prastyo
Date Deposited: 06 Feb 2020 08:21
Last Modified: 06 Feb 2020 08:21
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/2385

Actions (login required)

View Item
View Item