NOVITASARI, Evi and WARIDIN, Waridin,(7 February 2017), ANALISIS PERMINTAAN OBJEK WISATA GOA KREO KOTA SEMARANG. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text
Download (134kB)
Download (134kB)
Text
Download (125kB)
Download (125kB)
Text
Download (105kB)
Download (105kB)
Text
Download (381kB)
Download (381kB)
Text
Download (112kB)
Download (112kB)
Text
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Obyek wisata Goa Kreo memiliki potensi besar untuk dikembangkan,
ditambah dengan pembangunan waduk Jatibarang yang berada dalam kawasan
obyek wisata Goa Kreo. Jumlah pengunjung di obyek wisata Goa Kreo masih
tergolong rendah apabila dibandingkan dengan obyek wisata lain yang sejenis.
Hal tersebut disebabkan oleh beberapa hal diantaranya akses angkutan umum
yang masih terbatas, masih kurangnya ketersediaan wahana yang dapat menarik
pengunjung serta promosi yang belum maksimal. Tujuan dari penelitian ini adalah
untuk mengetahui apakah biaya perjalanan ke obyek wisata Goa Kreo,
pendapatan, jarak, pendidikan dan pengalaman berkunjung mempengaruhi jumlah
permintaan ke obyek wisata Goa Kreo Kota Semarang dan untuk menganalisis
seberapa besar pengaruh biaya perjalanan ke obyek wisata Goa Kreo, pendapatan,
jarak, pendidikan dan pengalaman berkunjung terhadap jumlah kunjungan obyek
wisata Goa Kreo. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan
quoted accidental sampling dengan jumlah sampel 100 responden. Alat analisis
yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linear berganda dengan
menggunakan OLS.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dua dari lima variabel berpengaruh
terhadap jumlah permintaan pariwisata ke Goa Kreo yaitu biaya perjalanan ke
obyek wisata Goa Kreo dan pengalaman berkunjung. Nilai surplus konsumen
diperoleh sebesar Rp 53.970,35 per tahun atau Rp 26.985,175 per individu per
satu kali kunjungan, sehingga nilai total ekonomi obyek wisata Goa Kreo sebesar
Rp 7.269.536.293,25 per tahun (nilai surplus konsumen per individu per tahun
dikalikan dengan jumlah pengunjung tahun 2015).
Keywords : | Tourism Demand, Individual Travel Cost Method, Heritage Kreo Cave, Travel Cost, Experince of visiting, Education, Distance, Revenue, Number of visits, Permintaan Pariwisata, Metode Biaya Perjalanan Individu, Obyek Wisata Goa Kreo, Biaya Perjalanan, Pengalaman Berkunjung, Pendidikan, Jarak, Pendapatan, Jumlah Kunjungan |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | Ekonomi Pembangunan |
Depositing User: | Gunawan Gunawan |
Date Deposited: | 14 Feb 2020 09:18 |
Last Modified: | 14 Feb 2020 09:18 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/2856 |