FADHILLA, Salis Huda and HENDARTO, R Mulyo,(23 June 2016), PENGEMBANGAN OBJEK WISATA WIDURI WATER PARK DI KABUPATEN PEMALANG. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
![[thumbnail of 1.S- COVER- 12020112120008.pdf]](https://repofeb.undip.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Download (2MB)
![[thumbnail of 4.S- ABSTRACT- 12020112120008.pdf]](https://repofeb.undip.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Download (2MB)
![[thumbnail of 5.S- ABSTRAK- 12020112120008.pdf]](https://repofeb.undip.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Download (2MB)
![[thumbnail of 6.S- DAFTAR ISI- 12020112120008.pdf]](https://repofeb.undip.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Download (2MB)
![[thumbnail of 12.S- DAFTAR PUSTAKA- 12020112120008.pdf]](https://repofeb.undip.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Download (2MB)
![[thumbnail of 16.S- Fulltext PDF Bookmarks- 12020112120008.pdf]](https://repofeb.undip.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
Abstract
Widuri Water Park merupakan salah satu objek wisata yang cukup potensial dan telah dibangun serta layak menjadi ikon pariwisata di Kabupaten Pemalang. Potensi yang dimiliki oleh Widuri Water Park antara lain lokasinya yang sangat strategis, memiliki tempat menarik, menyenangkan dan ideal sebagai tempat rekreasi. Meskipun demikian, selama tahun 2010-2014 jumlah pengunjung objek wisata Widuri Water Park mengalami penurunan dari tahun ke tahun. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukkan strategi pengembangan yang harus diprioritaskan untuk meningkatkan jumlah pengunjung objek wisata Widuri Water Park di Kabupaten Pemalang.
Penelitian ini menggunakan metode Analisis Hirarki Proses (AHP). Metode ini digunakan untuk menganalisis 10 kebijakan-kebijakan dari alternatif pengembangan objek wisata Widuri Water Park yang diusulkan oleh Key Person yang telah melalui proses wawancara sebelumnya. Alternatif-alternatif tersebut dibagi ke dalam tiga aspek, yaitu Aspek Promosi, Aspek Infrastruktur dan Aspek Manajemen. Seluruh alternatif tersebut akan dianalisis oleh dua jenis responden yang berbeda, yaitu Key Person dan Pengunjung. Pada responden Key Person sebanyak 5 responden yang terdiri dari pihak akademisi, pengelola objek wisata, pemerintah, dan orang disekitar objek wisata. Sedangkan untuk pengunjung objek wisata Widuri Water Park sebanyak 30 responden.
Dari Hasil penelitian, berdasarkan keseluruhan alternatif dari tiga aspek promosi, infrastruktur dan manajemen oleh masing-masing responden yang diprioritaskan untuk pengembangan objek wisata Widuri Water Park adalah aspek infrastruktur yaitu dengan melakukan perawatan wahana secara berkala dengan Inkonsistensi Rasio (IR) sebesar 0,05 atau kurang dari 0,10 yang artinya analisis ini konsisten dan dapat diterima untuk dijadikan sebuah prioritas dalam pengembangan objek wisata widuri Water Park. Alternatif melakukan perawatan wahana secara berkala merupakan prioritas tertinggi diantara alternatif-alternatif lainnya.
Keywords : | Supply, Analysis Hierarchy Process, Development Tourist Attraction, Penawaran, Analisis Hirarki Proses, Pengembangan Objek Wisata. |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | Ekonomi Pembangunan |
Depositing User: | Mohamad Sulamul Hadi |
Date Deposited: | 24 Feb 2020 07:33 |
Last Modified: | 24 Feb 2020 07:33 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/3072 |