ANALISIS VARIABEL ANTESEDEN BRAND EQUITY DAN HUBUNGANNYA TERHADAP PURCHASE DECISION (Studi Kasus pada Pelumas Motor TOP 1 di Kota Semarang)

PUTRA, Achmada and RAHARDJO, Susilo Toto,(6 June 2016), ANALISIS VARIABEL ANTESEDEN BRAND EQUITY DAN HUBUNGANNYA TERHADAP PURCHASE DECISION (Studi Kasus pada Pelumas Motor TOP 1 di Kota Semarang). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of 16. S - Fulltext PDF - 12010112130083).pdf] Text
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Globalisasi telah mendorong bisnis untuk melakukan ekspansi ke berbagai negara, pelumas motor TOP 1 sebagai produk asal Amerika ikut meramaikan industri otomotif di Indonesia. Namun, persaingan ketat dengan produk domestik telah membuat pelumas motor TOP 1 mengalami penurunan top brand index (TBI) secara berturut-turut pada tahun 2012 hingga 2015. Hal tersebut didukung dengan penurunan penjualan pelumas motor TOP 1 khususnya di Kota Semarang pada tahun 2012 hingga 2015. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh variabel country of origin image, kemampuan pemasaran, dan persepsi kualitas terhadap ekuitas merek yang diharapkan nanti dapat meningkatkan penjualan pelumas motor TOP 1. Variabel country of origin image, kemampuan pemasaran, dan persepsi kualitas merupakan referensi sebagai variabel independen. Ekuitas Merek sebagai variabel intervening dan Keputusan Pembelian sebagai variabel dependen. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah konsumen pelumas motor TOP 1. Metode penelitian ini menggunakan teknik non-probability sampling dengan metode convenience sampling. Sampel yang digunakan sebanyak 150 responden. Data diperoleh dari kuesioner yang kemudian diolah dan dianalisis dengan menggunakan analisis SEM (Structural Equation Modeling) melalui program AMOS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketiga variabel indenpenden memiliki pengaruh positif terhadap Ekuitas Merek; dan Ekuitas Merek memiliki pengaruh positif terhadap Keputusan Pembelian. Dari ketiga pengaruh variabel independen tersebut country of origin image memiliki pengaruh terbesar terhadap Ekuitas Merek dan kemudian disusul dengan kemampuan pemasaran dan terkecil adalah Persepsi Kualitas. Kata
Keywords : Country of Origin Image, Marketing Capability, Perceived Quality, Brand Equity, Country of Origin Image, Kemampuan Pemasaran, Persepsi Kualitas, Ekuitas Merek
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Eriana Ringgowati
Date Deposited: 26 Feb 2020 07:20
Last Modified: 26 Feb 2020 07:20
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/3187

Actions (login required)

View Item
View Item