WARDHANI, Hanura Kusuma and MAGNADI, Rizal Hari,(15 September 2016), ANALISIS PENGARUH PERSEPSI HARGA, SUASANA TOKO (STORE ATMOSPHERE), DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN (Studi Pada Papa Ron’s Pizza Semarang). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text
- Published Version
Download (1MB)
Download (1MB)
Text
- Published Version
Download (1MB)
Download (1MB)
Text
- Published Version
Download (1MB)
Download (1MB)
Text
- Published Version
Download (1MB)
Download (1MB)
Text
- Published Version
Download (1MB)
Download (1MB)
Text
- Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh menurunnya jumlah pelanggan Papa
Ron’s pizza Semarang pada bulan September 2015 dan pertumbuhan pelanggan
yang lambat, sehingga menyebabkan adanya penurunan penjualan. Menurunnya
jumlah pelanggan dan penjualan ini dapat dirumuskan bahwa bagaimana
konsumen yang loyal untuk tetap setia mengkonsumsi makanan cepat saji berupa
pizza ditengah fenomena persaingan kuliner yang semakin ketat. Penelitian ini
bertujuan untuk menguji pengaruh persepsi harga, suasana toko, dan kualitas
pelayanan terhadap loyalitas pelanggan pada Papa Ron’s pizza Semarang.
Penelitian ini menggunakan metode purposive sampling dengan sampel
penelitian berjumlah 100 orang dari konsumen yang melakukan pembelian pada
Papa Ron’s pizza Semarang. Metode analisis yang digunakan adalah regresi linier
berganda. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh persamaan regresi sebagai
berikut :
Y = 0,252X
1
+ 0,448X
2
+ 0,241X
3
Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel suasana toko paling
berpengaruh (0,448), diikuti oleh variabel persepsi harga (0,252), dan terakhir
variabel kualitas pelayanan (0,241). Pengujian hipotesis menggunakan uji t
menunjukkan bahwa variabel pesepsi harga, suasana toko, kualitas pelayanan
berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel loyalitas pelanggan. Angka
adjusted R square diperoleh sebesar 0,69 menunujukkan bahwa 69 % loyalitas
pelanggan dapat dijelaskan oleh variabel persepsi harga, suasana toko, dan
kualitas pelayanan sedangkan sisanya 31 % dipengaruhi oleh variabel-variabel
lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Keywords : | perception of price, store atmosphere, quality of service, customer loyalty, Persepsi harga, suasana toko (store atmosphere), kualitas pelayanan, loyalitas pelanggan |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Endhar Priyo Utomo |
Date Deposited: | 28 Feb 2020 04:26 |
Last Modified: | 28 Feb 2020 04:26 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/3291 |