NUGRAHA, Aditya Emka and PURWANTI, Evi Yulia,(27 February 2015), Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Permintaan Pengunjung Obyek Wisata Menara Kudus Melalui Pendekatan Hedonic Pricing Method. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text
Download (2MB)
Download (2MB)
Text
Download (2MB)
Download (2MB)
Text
Download (2MB)
Download (2MB)
Text
Download (2MB)
Download (2MB)
Text
Download (2MB)
Download (2MB)
Text
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
Abstract
Obyek wisata Menara Kudus merupakan salah satu obyek wisata potensial
di Kabupaten Kudus, dimana obyek wisata Menara Kudus memiliki jumlah
kunjungan wisatawan tertinggi kedua setelah Colo. Namun jika dibandingkan
dengan obyek wisata religi lain di Jawa Tengah, tingkat kunjungan wisatawan ke
obyek wisata Menara Kudus cenderung rendah. Sedangkan obyek wisata Menara
Kudus sendiri memiliki daya tarik wisata yang baik karena selain nilai religi yang
terkandung didalamnya, terdapat pula keunikan karakteristik lain seperti nilai
sejarah dan budaya, serta nilai keindahan arsitektur.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor – faktor yang
mempengaruhi permintaan pengunjung Menara Kudus dengan menggunakan
pendekatan Hedonic Pricing Methode (HPM), serta data yang digunakan dalam
penelitian ini adalah data primer. Regresi logit multinomial digunakan dalam
penelitian ini untuk menganalisis permintaan pengunjung Menara Kudus sebagai
variabel dependen, dan delapan variabel lain sebagai variabel independen yaitu
pendapatan, obyek wisata lain, aksesibilitas, nilai sejarah dan budaya, nilai
keindahan arsitektur, sarana transportasi wisata, pusat oleh – oleh makanan dan
cinderamata, serta sarana hotel atau penginapan yang terdapat di sekitar obyek
wisata Menara Kudus.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat empat variabel independen
yang berpengaruh signifikan terhadap permintaan pengunjung Menara Kudus,
yaitu obyek wisata lain, nilai sejarah dan budaya, nilai keindahan arsitektur, serta
sarana pusat oleh – oleh makanan dan cinderamata. Bagaimanapun peran lembaga
atau instansi terkait sangat penting dalam upaya menjaga keselarasan dan
keseimbangan atas pengembangan aspek kepariwisataan dengan pelestarian
Menara Kudus sebagai benda cagar budaya.
Keywords : | Tourist demand, Menara Kudus tourism site, Hedonic Pricing Methode, Multinomial Logit Regression, ermintaan pengunjung, obyek wisata Menara Kudus, Hedonic Pricing Methode, Regresi Logit Multinomial |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | Ekonomi Pembangunan |
Depositing User: | Heru Prastyo |
Date Deposited: | 03 Mar 2020 05:06 |
Last Modified: | 03 Mar 2020 05:06 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/3364 |