ANALISIS PENGARUH COUNTRY OF ORIGIN PERCEPTION,PERCEIVED QUALITY DAN CONSUMER PERCEPTION TERHADAP PURCHASE INTENTION DENGAN BRAND IMAGE SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada Oli Fastron di Kota Semarang)

FARADITTA, Angela and MUDIANTONO, Mudiantono,(20 March 2015), ANALISIS PENGARUH COUNTRY OF ORIGIN PERCEPTION,PERCEIVED QUALITY DAN CONSUMER PERCEPTION TERHADAP PURCHASE INTENTION DENGAN BRAND IMAGE SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada Oli Fastron di Kota Semarang). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of 16. S – Fulltext PDF Bookmarks – 12010111130131.pdf] Text
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Persaingan ketat telah membuat oli Fastron yang merupakan oli asli buatan Indonesia mengalami penurunan persentase Top Brand Index (TBI) selama tiga tahun berturut – turut dan selalu berada di urutan terakhir untuk Top Five Lubricants di Indonesia dikalahkan oleh produk – produk dari luar negeri . Top Brand Index (TBI) memiliki tiga indikator utama, yaitu top of mind awareness, last used, dan future intention. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui besar pengaruh variabel Country Of Origin Perception, Perceived Quality, Consumer Perception dan Brand Image terhadap Purchase Intention yang diharapkan nanti dapat meningkatkan persentase TBI dengan fokus indikator future intention. Variabel Country Of Origin Perception, Perceived Quality, dan Consumer Perception sebagai variabel independen; Brand Image sebagai variabel intervening; dan Purchase Intention sebagai variabel dependen. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah konsumen yang memiliki mobil dan pernah mengganti oli mobilnya. Metode penelitian ini menggunakan teknik non-probability sampling dengan metode accidental sampling. Sampel yang digunakan sebanyak 100 responden. Data diperoleh dari kuesioner yang kemudian diolah dan dianalisis dengan menggunakan analisis SEM (Structural Equation Modeling) melalui program AMOS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketiga variabel indenpenden memiliki pengaruh positif terhadap Brand Image; dan Brand Image memiliki pengaruh positif terhadap Purchase Intention. Namun untuk pengaruh langsung dari tiga variabel independen terhadap dependen, hanya variabel Perceived Quality yang memiliki pengaruh positif terhadap Purchase Intention, untuk variabel Country of Origin dan Consumer Perception memiliki pengaruh negatif terhadap Purchase Intention.
Keywords : Product, Price, Location, Promotion, Purchase Decision, Customer Satisfaction, Country Of Origin Perception, Perceived Quality, Consumer Perception, Brand Image, Purchase Intention
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Heru Prastyo
Date Deposited: 05 Mar 2020 02:46
Last Modified: 05 Mar 2020 02:46
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/3445

Actions (login required)

View Item
View Item