ANALISIS KINERJA STANDAR PELAYANAN MINIMUMPENDIDIKAN DI PROVINSI JAWA TENGAH TAHUN 2011-2013: Pendekatan Stochastic Frontier Analysis (SFA)

CANTIKA, Cantika and KURNIA, Akhmad Syakir,(2 March 2016), ANALISIS KINERJA STANDAR PELAYANAN MINIMUMPENDIDIKAN DI PROVINSI JAWA TENGAH TAHUN 2011-2013: Pendekatan Stochastic Frontier Analysis (SFA). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of 16. S - FULLTEXT PDF BOOKMARKS-12020111140077.pdf] Text
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Salah satu tujuan MDGs tentang peningkatan kualitas sumber daya manusia diseluruh dunia yaitu peningkatan mutu pendidikan. Upaya Indonesia untuk meningkatkan mutu pendidikan melalui Program Menengah Universal atau wajib belajar 12 tahun. Tujuan Penelitian ini adalah menganalisis keberhasilan kinerja Standar Pelayanan Minimum pendidikan untuk mencapai tingkat indikator pendidikan yang maksimal di Provinsi Jawa Tengah pada tahun 2011-2013. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Stochastic Frontier Analysis (SFA) dengan fungsi produksi guna mengukur efisiensi 35 Kabupaten/Kota di Jawa Tengah. Hasil pengukuran metode SFA yang muncul adalah dalam bentuk skor antara 0-1. Semakin mendekati 1 maka semakin efisien Kabupaten/Kota tersebut. Variabel input dalam penelitian ini adalah rasio guru/murid, guru/sekolah, rasio jumlah sekolah terhadap jumlah penduduk umur 16-18 tahun dan variabel output berupa Angka Partisipasi Kasar, Angka Partisipasi Murni, dan Angka Rata-rata Lama Sekolah. Hasil analisis menggunakan metode SFA menunjukkan bahwa selama periode 2011-2013 setiap Kabupaten/Kota mempunyai tingkat efisiensi berkisar 80-100%, menunjukkan tingginya efisiensi walaupun belum mencapai efisiensi penuh atau 1. Dari hasil pengujian hipotesis mengenai pengaruh variabel input terhadap variabel ouput APK, APM, dan RLS setiap tahunnya memiliki pengaruh yang signifikan. Pada indikator input guru/sekolah dan sekolah/penduduk usia SM memiliki pengaruh yang positif terhadap indikator output. Sedangkan, untuk variabel guru/murid selalu memiliki pengaruh yang negatif dalam mempengaruhi peningkatan dan penurunan output.
Keywords : Efficiency, Education Indicators, minimum service standards, SFA., Efisiensi, Indikator Pendidikan, Standar Pelayanan Minimal,SFA.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Pembangunan
Depositing User: Eriana Ringgowati
Date Deposited: 05 Mar 2020 03:06
Last Modified: 05 Mar 2020 03:06
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/3448

Actions (login required)

View Item
View Item