PENGARUH PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DAN PROFITABILITAS TERHADAP MANAJEMEN LABA

PUTRI, Gita Varina and ROHMAN, H. Abdul,(15 March 2016), PENGARUH PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DAN PROFITABILITAS TERHADAP MANAJEMEN LABA. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of 16- Fulltext PDF Bookmarks - 12030112130164.pdf] Text
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh pengungkapan corporate social responsibility dan profitabilitas terhadap manajemen laba. Variabel indepeden yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengungkapan CSR (CSR disclosure) yang diukur dengan menggunakan Indeks CSR (CSRI) yang berpedoman pada GRI. Selain pengungkapan CSR variabel independen lainnya adalah profitabilitas yang diproksikan dengan Return on Asset. Variabel dependen yang digunakan ialah manajemen laba yang diukur dengan proksi earning management 3. Penelitian ini menggunakan dua variabel kontrol yaitu ukuran perusahaan dan leverage. Populasi dalam penelitian ini merupakan seluruh perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2012, 2013, dan 2014. Metode sampling dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Kriteria perusahaan yang digunakan merupakan perusahaan tambang dan manufaktur pada tahun bersangkutan, dan menerbitkan laporan berkelanjutan serta laporan keuangan yang lengkap. Total sampel dalam penelitian ini adalah 366 sampel perusahaan. Uji analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi berganda. Hasil analisis menunjukkan bahwa pengungkapan corporate social responsibility berpengaruh signifikan dan memiliki hubungan negatif terhadap manajemen laba. Profitabilitas juga memiliki pengaruh yang signifikan dan memiliki hubungan positif terhadap manajemen laba. Hal ini dapat dilihat pada uji t dengan tingkat signifikansi 5%.
Keywords : PENGARUH PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DAN PROFITABILITAS TERHADAP MANAJEMEN LABA, Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh pengungkapan corporate social responsibility dan profitabilitas terhadap manajemen laba. Variabel indepeden yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengungkapan CSR (CSR disclosure) yang diukur dengan menggunakan Indeks CSR (CSRI) yang berpedoman pada GRI. Selain pengungkapan CSR variabel independen lainnya adalah profitabilitas yang diproksikan dengan Return on Asset. Variabel dependen yang digunakan ialah manajemen laba yang diukur dengan proksi earning management 3. Penelitian ini menggunakan dua variabel kontrol yaitu ukuran perusahaan dan leverage. Populasi dalam penelitian ini merupakan seluruh perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2012, 2013, dan 2014. Metode sampling dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Kriteria perusahaan yang digunakan merupakan perusahaan tambang dan manufaktur pada tahun bersangkutan, dan menerbitkan laporan berkelanjutan serta laporan keuangan yang lengkap. Total sampel dalam penelitian ini adalah 366 sampel perusahaan. Uji analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi berganda. Hasil analisis menunjukkan bahwa pengungkapan corporate social responsibility berpengaruh signifikan dan memiliki hubungan negatif terhadap manajemen laba. Profitabilitas juga memiliki pengaruh yang signifikan dan memiliki hubungan positif terhadap manajemen laba. Hal ini dapat dilihat pada uji t dengan tingkat signifikansi 5%.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Akuntansi
Depositing User: Eriana Ringgowati
Date Deposited: 11 Mar 2020 02:35
Last Modified: 11 Mar 2020 02:36
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/3639

Actions (login required)

View Item
View Item