PERAN CULTURAL INTELLIGENCE (CQ) DALAM KEPEMIMPINAN LINTAS BUDAYA (Studi Fenomenologi pada Gandhi Memorial Intercontinental School Semarang)

SUBROTO, Setyoningsih and MAS'UD, Fuad,(29 September 2016), PERAN CULTURAL INTELLIGENCE (CQ) DALAM KEPEMIMPINAN LINTAS BUDAYA (Studi Fenomenologi pada Gandhi Memorial Intercontinental School Semarang). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of 1. S - Cover - 12010112130063.PDF] Text - Published Version
Download (3MB)
[thumbnail of 4. S - Abstrak (Inggris) - 12010112130063.PDF] Text - Published Version
Download (3MB)
[thumbnail of 5. S - Abstrak (Indonesia) - 12010112130063.PDF] Text - Published Version
Download (3MB)
[thumbnail of 6. S - Daftar Isi - 12010112130063.PDF] Text - Published Version
Download (3MB)
[thumbnail of 12. S - Daftar Pustaka - 12010112130063.PDF] Text - Published Version
Download (3MB)
[thumbnail of 16. S - Fulltext PDF Bookmarks - 12010112130063.PDF] Text
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Hingga saat ini, terdapat beberapa penelitian yang mengkaji kepemimpinan ekspatriat di Indonesia, namun hanya fokus pada pengalaman yang dirasakan oleh pemimpin ekspatriat selama tinggal dan bekerja di luar negara asal. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menemukan peran cultural intelligence (CQ) dalam menciptakan kepemimpinan lintas budaya yang efektif, yang berada pada persinggungan budaya antara India dan Indonesia. Kemudian berdasarkan peranan CQ tersebut, gaya kepemimpinan apa yang dipraktikkan oleh pemimpin ekspatriat dalam memimpin sejumlah staf lokal. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan dilakukan pada sebuah sekolah internasional di Kota Semarang. Partisipan dalam penelitian ini terdiri dari seorang Principal berkebangsaan India beserta beberapa staf lokal (2 orang koordinator sekolah dan 2 orang guru). Tiap partisipan kemudian memberikan penjelasan yang terperinci mengenai seluruh aspek yang digunakan dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil wawancara mendalam yang dilakukan terhadap seluruh partisipan, diperoleh hasil yang menunjukkan bahwa segenap aspek dalam CQ (metacognitive, cognitive, motivational, behavioral) sepenuhnya berperan dalam menciptakan kepemimpinan lintas budaya yang efektif pada diri Principal. Principal telah menunjukkan berbagai karakteristik pemimpin yang efektif, yakni komunikatif, peduli terhadap kesejahteraan staf, mau mendengarkan pendapat staf, dan mau terjun langsung untuk melihat kondisi yang dihadapi oleh staf. Kemudian CQ juga berperan serta dalam menghasilkan gaya kepemimpinan yang dipraktikkan oleh Principal. Principal cenderung birokratis, namun tetap memiliki sentuhan nurturant. Principal adalah pemimpin yang berorientasi pada tugas, namun tetap menjaga hubungan baik dengan staf, yakni dengan memberi motivasi dan pujian.
Keywords : Cultural Intelligence (CQ), Cross-Cultural, Leadership, Qualitative, Cultural Intelligence (CQ), Kepemimpinan, Lintas Budaya, Kualitatif
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Arief Eryka Zendy
Date Deposited: 11 Mar 2020 07:55
Last Modified: 11 Mar 2020 07:55
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/3667

Actions (login required)

View Item
View Item