BELADIN, Muhammad Igor and DWIYANTO, Bambang Munas,(25 March 2013), ANALISIS PENGARUH KUALITAS PRODUK, KUALITAS PELAYANAN DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN (Studi Pada Pengguna Sepeda Motor Merek Yamaha Dari Kalangan Mahasiswa Universitas Diponegoro Semarang). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text
Download (369kB)
Download (369kB)
Text
Download (425kB)
Download (425kB)
Text
Download (425kB)
Download (425kB)
Text
Download (532kB)
Download (532kB)
Text
Download (532kB)
Download (532kB)
Text
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Industri otomotif di Indonesia sedang gencar-gencarnya melakukan
inovasi terhadap produknya, sehingga tidak mengherankan jika persaingan dalam
usaha bidang otomotif berlangsung dengan sangat ketat. Hal ini ditandai oleh
banyaknya perusahaan otomotif yang mencoba peruntungannya dengan terjun ke
dalam bisnis memproduksi berbagai macam tipe sepeda motor, seperti motor
bebek, motor sport dan motor matic. Tingkat kepuasan konsumen terhadap suatu
produk akan memberikan cerminan keberhasilan produsen dalam menghasilkan
produk tersebut. Berdasarkan survey yang dilakukan MARS mengenai kepuasan
konsumen ada penurunan indeks kepuasan konsumen dikarenakan menurunnya
tingkat penjualan, pangsa pasar, dan ketidakpuasan pengguna alat transportasi di
Indonesia pada tahun 2012 . Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah
kepuasan konsumen pengguna sepeda motor merek yamaha dipengaruhi oleh
kualitas produk, kualitas pelayanan dan citra merek.
Populasi dalam penelitian ini adalah para pengguna sepeda motor merek
Yamaha dari kalangan Mahasiswa Universitas Diponegoro Semarang. Sampel
diambil sebanyak 100 responden dan teknik yang digunakan adalah teknik Nonprobability
Sampling
dengan
pendekatan
Accidental
Sampling.
Data
dikumpulkan
dengan
menggunakan
metode
survey
melalui
kuesioner
yang
diisi
oleh
konsumen.
Kemudian
data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis regresi
berganda. Analisis ini meliputi Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Uji Asumsi Klasik,
Analisis Regresi Berganda, Analisis Koefisien Determinasi (R
2
) serta Uji
Hipotesis melalui Uji f dan Uji t.
Hasil analisis menggunakan regresi linear berganda dapat diketahui bahwa
variabel kualitas produk, kualitas pelayanan dan citra merek berpengaruh positif
terhadap kepuasan konsumen sepeda motor merek Yamaha. Hasil analisis
menggunakan uji t dapat diketahui kualitas produk, kualitas pelayanan dan citra
merek berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen sepeda motor merek
Yamaha. Hasil analisis menggunakan koefisien determinasi diketahui bahwa
54,5% variabel kepuasan konsumen dapat dijelaskan oleh variasi dari variabel
kualitas produk, kualitas pelayanan dan citra merek, sedangkan sisanya 45,5%
dijelaskan oleh variabel lain yang tidak terdapat dalam penelitian ini.
Keywords : | product quality, service quality, brand image and consumer satisfaction., kualitas produk, kualitas pelayanan, citra merek dan kepuasan konsumen. |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Users 15 not found. |
Date Deposited: | 18 Apr 2020 04:44 |
Last Modified: | 18 Apr 2020 04:44 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/3781 |