PENGARUH KUALITAS PELAYANAN INTI DAN KUALITAS PELAYANAN PERIFERAL TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN SERTA DAMPAKNYA TERHADAP MINAT WORD OF MOUTH PADA BENGKEL PT. NASMOCO GOMBEL SEMARANG

MUKTIONO, Kautsar Vito and WIDIYANTO, Ibnu,(15 July 2014), PENGARUH KUALITAS PELAYANAN INTI DAN KUALITAS PELAYANAN PERIFERAL TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN SERTA DAMPAKNYA TERHADAP MINAT WORD OF MOUTH PADA BENGKEL PT. NASMOCO GOMBEL SEMARANG. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of 16. S - FULLTEXT PDF BOOKMARKS -C2A009177.pdf] Text
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Kualitas layanan merupakan salah satu faktor kunci bagi keberhasilan sebuah perusahaan yang menawarkan produk atau jasa. Tidak ada yang lebih penting selain menempatkan masalah word of mouth (WOM) terhadap pelanggan melalui pelayanan sebagai salah satu komitmen bisnisnya. Jika pelayanan yang diberikan pada pelanggan itu baik dan memuaskan, maka akan berpengaruh positif terhadap kinerja usaha. Peningkatan WOM pelanggan berdampak langsung pada tingkah laku dan sikap pelanggan dengan adanya penurunan keluhan, penambahan kepercayaan dan pengulangan pembelian produk oleh pelanggan. Penelitian ini ditujukan untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan inti dan kualitas pelayanan periferal terhadap kepuasan pelanggan serta dampaknya terhadap minat Word of Mouth Penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda dengan program SPSS. Populasi yang digunakan adalah pelanggan bengkel PT. Nasmoco Gombel Semarang. Sedangkan sampel yang digunakan sebanyak 150 orang dengan teknik pemilihan sampel non-probability samplingnya menggunakan teknik purposive sampling Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan inti dan kualitas pelayanan periferal berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan serta kepuasan pelanggan berpengaruh terhadap minat Word of Mouth. Pada model 1, kualitas pelayanan inti memberikan pengaruh yang paling besar kepada kepuasan pelanggan sebesar 0,423. Pada model 2, kepuasan pelanggan memberikan pengaruh yang paling besar kepada minat Word of Mouth sebesar 0,390.
Keywords : Quality Service Core, Peripheral Service Quality, Customer Satisfaction, Interest Word of Mouth, Kualitas Pelayanan Inti, Kualitas Pelayanan Periferal, Kepuasan Pelanggan, Minat Word of Mouth
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Eriana Ringgowati
Date Deposited: 04 May 2020 03:14
Last Modified: 04 May 2020 03:14
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/3863

Actions (login required)

View Item
View Item