ANALISIS PENGARUH PSIKOLOGIS KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SMARTPHONE BLACKBERRY (Studi Kasus pada Konsumen BlackBerry di Kota Semarang)

KUSUMANINGTYAS, Tri Erfani and ASTUTI, Sri Rahayu Tri,(30 July 2013), ANALISIS PENGARUH PSIKOLOGIS KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SMARTPHONE BLACKBERRY (Studi Kasus pada Konsumen BlackBerry di Kota Semarang). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of 16. S=Fulltext PDF Bookmarks-12010111150004.pdf] Text
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAKSI Penelitian ini dilatarbelakangi adanya penurunan penjualan smartphone BlackBerry dalam kurun waktu 2011-2012. Penurunan penjualan ini menunjukkan adanya penurunan keputusan pembelian pada produk smartphone BlackBerry dirumuskan dalam penelitian ini bahwa bagaimana konsumen mengambil keputusan pembelian smartphone di tengah persaingan yang semakin ketat yang berdasarkan pada motivasi pembelian, persepsi kualitas, dan sikap terhadap merek. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari psikologis konsumen yaitu motivasi pembelian, persepsi kualitas, dan sikap terhadap merek terhadap keputusan pembelian smartphone BlackBerry. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen smartphone BlackBerry di kota Semarang. Responden yang terlibat dalam penelitian ini sebanyak 100 sampel, metode yang digunakan adalah non probability sampling yaitu accidental sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Hasil dari analisis regresi berganda yang telah dilakukan diperoleh hasil yaitu, Y = 0.222 X1 + 0.304 X2 + 0.459 X3. Variabel independen yang paling berpengaruh terhadap variabel dependen adalah variabel sikap terhadap merek (0,459), diikuti oleh variabel persepsi kualitas (0,304), kemudian variabel motivasi pembelian (0,222). Hasil uji t membuktikan bahwa semua variabel independen (motivasi pembelian, persepsi kualitas, dan sikap terhadp merek) mempunyai pengaruh positif terhadap variabel dependen yaitu keputusan pembelian. Dan koefisien determinasi (adjusted R2) yaitu diperoleh sebesar 0,506. Hal ini berarti 50,6% keputusan pembelian dipengaruhi oleh variabel motivasi pembelian, persepsi kualitas, dan sikap terhadap merek. Dan sisanya yaitu 49,4% dipengaruhi oleh variabel lain. Kata kunci: psikologis konsumen, motivasi pembelian, persepsi kualitas, sikap terhadap merek, dan keputusan pembelian.
Keywords : Keywords: Psychological consumer’s, purchase motivation, perceived quality, brand attitudes and purchasing decision, Kata kunci: psikologis konsumen, motivasi pembelian, persepsi kualitas, sikap terhadap merek, dan keputusan pembelian.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Handri Herawati
Date Deposited: 27 May 2020 01:42
Last Modified: 27 May 2020 01:42
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/4247

Actions (login required)

View Item
View Item