SUPRIYANTO, Yuda and SOESANTO, Harry,(17 September 2012), ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, HARGA, DAN FASILITAS TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN DI RUMAH SAKIT KARIADI SEMARANG. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text
- Published Version
Download (119kB)
Download (119kB)
Text
- Published Version
Download (152kB)
Download (152kB)
Text
- Published Version
Download (127kB)
Download (127kB)
Text
- Published Version
Download (276kB)
Download (276kB)
Text
- Published Version
Download (208kB)
Download (208kB)
Text
Restricted to Repository staff only
Download (6MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (6MB) | Request a copy
Abstract
Sektor jasa terutama jasa kesehatan mengalami perkembangan yang sangat
signifikan dan memiliki prospek yang bagus. Kondisi ini membuat persaingan
menjadi semakin ketat. Setiap rumah sakit harus mampu menggunakan berbagai
cara agar dapat menarik pasien melalui kualitas pelayanannya. Masyarakat
cenderung menuntut pelayanan kesehatan yang lebih baik dan cepat. Banyak
rumah sakit yang menyadari hal tersebut, sehingga mereka harus dapat
mewujudkan kepuasan pasien dalam berbagai strategi agar dapat mempertahankan
pasien.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan,
harga dan fasilitas terhadap kepuasan pasien rawat jalan. Penelitian ini dilakukan
di Rumah Sakit Kariadi Semarang. Populasi dalam penelitian ini adalah pasien
rawat jalan Rumah Sakit Kariadi Semarang. Jumlah sample yang digunakan
dalam penelitian ini sebanyak 100 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan
kuesioner dengan tehnik Purposive Sampling. Teknik analisis data yang
digunakan adalah analisis regresi linier berganda untuk mengetahui pengaruh
variabel kualitas pelayanan, harga dan fasilitas terhadap kepuasan pasien rawat
jalan di Rumah Sakit Kariadi Semarang.
Hasil analisis menunjukkan bahwa antara variabel kualitas pelayanan,
harga dan fasilitas mempunyai pengaruh yang positif signifikan terhadap variabel
kepuasan konsumen, baik secara individu maupun bersama. Besarnya Adjusted R
Square adalah 0,836. Hal ini berarti bahwa 83,6% variasi kepuasan konsumen
dapat dijelaskan oleh ketiga variabel bebas kualitas pelayanan, harga, dan fasilitas.
Sedangkan sisanya dijelaskan oleh variabel-variabel lain di luar penelitian ini.
Keywords : | Quality of service, price, facility, patient satisfaction, Kualitas pelayanan, harga, fasilitas, kepuasan pasien |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Arief Eryka Zendy |
Date Deposited: | 15 Jun 2020 06:56 |
Last Modified: | 15 Jun 2020 06:56 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/4732 |