TANUJAYA, Royandi and DIRGANTARA, I Made Bayu,(30 August 2012), ANALISIS PERILAKU BELANJA PADA MAHASISWA UNDIP DI KAWASAN TEMBALANG, KOTA SEMARANG. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text
Download (53kB)
Download (53kB)
Text
Download (14kB)
Download (14kB)
Text
Download (13kB)
Download (13kB)
Text
Download (22kB)
Download (22kB)
Text
Restricted to Repository staff only
Download (372kB)
Restricted to Repository staff only
Download (372kB)
Abstract
Universitas Diponegoro yang terletak di Kota Semarang merupakan
universitas terkemuka di Jawa Tengah yang terdiri dari berbagai suku, agama, ras
maupun antar golongan. Perpindahan 5 fakultas dari kawasan Pleburan secara
bertahap sejak tahun 2010 turut menghidupkan kegiatan sosial ekonomi kawasan
Tembalang, terutama pada sektor ritel. Ditunjang dengan letak geografis yang
terletak di jalur utama dari Kota Semarang ke selatan, hal tersebut tentu menjadi
perhatian khusus bagi pelaku bisnis untuk memahami perilaku pembelian dan
gaya hidup Mahasiswa Undip dalam mendapatkan pemahaman dan perencanaan
yang lebih baik pada sektor ritel modern dan tradisional di Kota Semarang.
Penelitian ini mengambil sampel dengan metode non-probability samples,
dengan teknik convenience sampling. Untuk itu, responden dalam penelitian ini
adalah mahasiswa yang memiliki masa studi minimal 1 semester di Kampus
Universitas Diponegoro. Data yang diperoleh dari penelitian ini dintrepretasikan
menggunakan analisis kualitatif dengan metode analisis statistik deskriptif. Selain
itu analisis secara kuantitatif digunakan bersamaan sebagai metode analisis
dengan angka yang dapat dihitung maupun diukur.
Hasil penelitian menunjukkan faktor demografis yang dimiliki oleh
responden menujukkan keragaman dalam perilaku belanja dan perilaku pembelian
yang ditunjukkan dalam aktivitas konsumsi. Selain itu responden mengapresiasi
sektor ritel modern di kawasan Tembalang dalam kategori tinggi yang
ditunjukkan dengan angka indeks 3,91. Pada sektor ritel tradisional responden
menunjukkan tanggapan dalam kategori sedang dengan angka indeks 3,19.
Keywords : | purchasing behavior, shopping, demographic factors, modern retail, traditional retail, perilaku pembelian, belanja, faktor demografis, ritel modern, ritel tradisional. |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Users 15 not found. |
Date Deposited: | 16 Jun 2020 03:51 |
Last Modified: | 16 Jun 2020 03:51 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/4745 |