Analisis Pengaruh Hard Skill, Soft Skill dan Motivasi Terhadap Kinerja Tenaga Penjualan ( Studi Pada Tenaga Kerja Penjualan PT.Bumiputera Wilayah Semarang )

ISLAMI, Faizal Alam,(18 June 2012), Analisis Pengaruh Hard Skill, Soft Skill dan Motivasi Terhadap Kinerja Tenaga Penjualan ( Studi Pada Tenaga Kerja Penjualan PT.Bumiputera Wilayah Semarang ). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of 16. S-Fulltext PDF Bookmarks-C2A008191.pdf] Text
Restricted to Repository staff only

Download (547kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hard skill, soft skill dan motivasi berpengaruh terhadap kinerja tenaga penjualan PT.Bumiputera wilayah Semarang dan menganalisis faktor mana yang paling dominan dalam mempengaruhi kinerja tenaga penjualan. Dalam penelitian ini, populasi penelitian mengacu pada seluruh tenaga kerja penjualan PT.Bumiputera wilayah Semarang yang berjumlah 938 orang. Sampel yang diambil sebanyak 75 responden dengan menggunakan teknik purposive sampling. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh persamaan regresi sebagai berikut : Y = 0.254 X1 + 0.321 X2 + 0.268 X3 Berdasarkan analisis data statistik, indikator- indikator pada penelitian ini bersifat valid dan variabelnya bersifat reliabel. Pada pengujian asumsi klasik, model regresi bebas multikolonieritas, tidak terjadi heteroskedastisitas, dan terdistribusi secara normal. Urutan secara individu dari masing-masing variabel yang paling berpengaruh adalah variabel Soft Skill dengan koefisien regresi sebesar 0,321, lalu variabel motivasi dengan koefisien regresi sebesar 0,268. Sedangkan variabel yang berpengaruh paling rendah adalah hard skill dengan koefisien regresi sebesar 0,254. Model persamaan ini memiliki nilai F hitung sebesar 31,312 dan dengan tingkat signifikansi 0,000. Dimana F hitung lebih besar dari F tabel (2,73) dan dengan tingkat signifikansi yang lebih kecil dari α (0,05). Hal tersebut menunjukan bahwa variabel independen dalam penelitian ini berpengaruh secara bersama-sama terhadap variabel dependen yaitu kinerja tenaga penjualan PT.Bumiputera perlu meningkatkan soft skill, motivasi, dan hard skill tenaga penjualnya agar dapat meningkatkan jumlah penjualan dan mampu bersaing dengan perusahaan asuransi sejenis.
Keywords : Hard Skill, Soft skill, Motivation, Employees’ Work Performance., Hard Skill, Soft skill, Motivasi, Kinerja Tenaga Penjualan.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Users 15 not found.
Date Deposited: 16 Jun 2020 08:46
Last Modified: 16 Jun 2020 08:46
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/4771

Actions (login required)

View Item
View Item