MUSLIM, Muslim and MAHFUD, Mohammad Kholiq,(21 June 2012), ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KREDIT MACET (KURANG LANCAR, DIRAGUKAN DAN MACET) PADA UMKM INDUSTRI MEBEL DI KABUPATEN JEPARA TAHUN 2012. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text
Download (88kB)
Download (88kB)
Text
Download (91kB)
Download (91kB)
Text
Download (91kB)
Download (91kB)
Text
Download (65kB)
Download (65kB)
Text
Download (92kB)
Download (92kB)
Text
Restricted to Repository staff only
Download (656kB)
Restricted to Repository staff only
Download (656kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh berkembangnya UMKM (Usaha Mikro Kecil dan
Menengah) di Indonesia dan juga semakin vitalnya peran UMKM dalam pembangunan dan
pertumbuhan ekonomi Indonesia. Secara khusus, penelitian ini mengulas kredit macet yang
dialami UMKM. Dengan semakin meningkatnya perkembangan UMKM kalangan perbankan
juga meningkatkan penyaluran kredit kepada kelompok UMKM. Tetapi dengan seiring
peningkatan kucuran kredit yang diberikan perbankan untuk usaha mikro,kecil dan menengah
nilai NPL (Non performing loan) yang dialami UMKM juga semakin meningkat tiap tahunnya.
Fenomena kredit macet UMKM ini juga terjadi di industri mebel Kabupaten Jepara, menurut
data permasalahan kredit macet di Kabupaten Jepara didominasi oleh industri mebel.
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh faktor pengelolaan pemasaran, tingkat
persaingan, pengelolaan keuangan, pengelolaan teknis dan tingkat kebijakan pemerintah
terhadap kredit macet dari UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) industri mebel di
Kabupaten Jepara tahun 2012. Populasi dalam penelitian ini adalah sekitar 14.962 UMKM mebel
di Jepara dan yang masuk dalam anggota APKJ (Asosiasi Perajin Kecil Jepara) sekitar 120
UMKM. Setelah melewati tahap purposive sampling terdapat 34 sampel pengusaha mikro, kecil,
dan menengah yang mengalami kredit macet. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebar
kueisoner. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda
yang bertujuan untuk memperoleh gambaran yang menyeluruh mengenai pengaruh antara
variabel. Sedangkan pengujian yang dilakukan untuk mengukur kuesioner digunakan uji
reliabilitas dan uji validitas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan
menggunakan analisis regresi berganda dengan uji hipotesis yaitu uji koefisien determinasi, uji F
dan uji t. Uji asumsi klasik yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari uji multikolonieritas,
uji heterokedastisitas, uji normalitas, dan uji uji autokorelasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel pengelolaan pemasaran berpengaruh
negatif terhadap kredit macet UMKM industri mebel di Jepara, tetapi tidak signifikan. Variabel
pengelolaan teknis berpengaruh negatif dan signifikan. Kemudian variabel tingkat persaingan
dan tingkat kebijakan pemerintah berpengaruh positif dan signifikan terhadap kredit macet
UMKM indsutri mebel di Jepara. Sedangkan variabel pengelolaan keuangan berpengaruh positif
tetapi tidak signifikan terhadap kredit macet UMKM industri mebel di Jepara. Kemampuan
prediksi dari kelima variabel tersebut terhadap kredit macet UMKM industri mebel di Jepara
sebesar 86,5%, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain di luar model penelitian.
Keywords : | Marketing management, level of competition, financial management, technical management, government policy level, Non-performing loans MSMEs (Micro, Small and Medium Enterprises) in the district of Jepara furniture industry, Pengelolaan pemasaran, Tingkat persaingan, Pengelolaan keuangan, Pengelolaan teknis, Tingkat kebijakan pemerintah, Kredit macet UMKM industri mebel di Kabupaten Jepara |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Users 15 not found. |
Date Deposited: | 18 Jun 2020 09:10 |
Last Modified: | 18 Jun 2020 09:10 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/4837 |