ANALISIS ON-TIME PERFORMANCE SEBAGAI UPAYA MENGAWASI KUALITAS MENGGUNAKAN METODE DIAGRAM KONTROL DAN MENINGKATKAN KUALITAS JASA MENGGUNAKAN METODE PARETO CHART DAN DIAGRAM SEBAB-AKIBAT (Studi Pada PT. Sriwijaya Air)

ARIFIANTO, Mohammad Yogi and DWIYANTO, Bambang Munas,(22 July 2013), ANALISIS ON-TIME PERFORMANCE SEBAGAI UPAYA MENGAWASI KUALITAS MENGGUNAKAN METODE DIAGRAM KONTROL DAN MENINGKATKAN KUALITAS JASA MENGGUNAKAN METODE PARETO CHART DAN DIAGRAM SEBAB-AKIBAT (Studi Pada PT. Sriwijaya Air). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of 16. S - Fulltext PDF Bookmarks - C2A009026.pdf] Text
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

On-time Performance merupakan faktor krusial dalam sebuah maskapai penerbangan. Obyek dari penelitian adalah PT. Sriwijaya Air. On-time Performance Sriwijaya Air pada Bulan Januari 2012 hingga Bulan Maret 2013 tidak mencapai target on-time performance yang telah ditentukan. Penelitian ini bertujuan untuk mencari akar penyebab dari rendahnya on-time performance PT. Sriwijaya Air sehingga kedepannya perusahaan dapat lebih memusatkan perhatiannya pada penyebab utama untuk melakukan perbaikan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini dengan tiga alat pengukuran kualitas yaitu Diagram Kontrol, Pareto Chart, dan Diagram Sebab-Akibat. Penggunaan Diagram Kontrol adalah untuk melihat masalah yang terjadi pada waktu tertentu. Setelah itu, penggunaan Pareto Chart adalah untuk menemukan masalah utama dan memusatkan perhatian terhadap masalah utama. Penggunaan Diagram Sebab-Akibat adalah untuk menemukan akar penyebab dari masalah utama. Hasil penelitian menemukan tiga penyebab utama yang menyebabkan delay pada PT. Sriwijaya Air yaitu, Kru Penerbangan, Pelayanan, Teknis. Dengan diagram sebab-akibat ditemukan akar penyebab dari ketiga masalah utama dan hasil tersebut menunjukkan bahwa permalahan berada di dalam prosedur kegiatan penerbangan yang merupakan delay faktor internal. Oleh karena itu, perlu dilakukan tindakan untuk memperbaiki delay.
Keywords : On-time Performance, Delay, Service Quality, On-time Performance, Delay, Kualitas Jasa
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Gunawan Gunawan
Date Deposited: 22 Jun 2020 01:33
Last Modified: 22 Jun 2020 01:33
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/4860

Actions (login required)

View Item
View Item