BUANA, Faisal Rangga and MUDIANTONO, Mudiantono,(26 September 2011), PENGARUH KEPERCAYAAN MEREK, PRESEPSI SWITCHING COST DAN KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP LOYALITAS (Studi Kasus pada Konsumen Pertamax di Semarang). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text
Download (37kB)
Download (37kB)
Text
Download (40kB)
Download (40kB)
Text
Download (40kB)
Download (40kB)
Text
Download (46kB)
Download (46kB)
Text
Download (97kB)
Download (97kB)
Text
Restricted to Repository staff only
Download (522kB)
Restricted to Repository staff only
Download (522kB)
Abstract
Adanya pilihan bahan bakar minyak lain di Indonesia menyebabkan
turunnya jumlah pertumbuhan pelanggan bahan bakar minyak dan profitabilitas
tiap merek bahan bakar minyak Hal ini juga dialami oleh Pertamina pada bahan
bakar minyak Pertamax sebagai bahan bakar minyak non subsidi pemerintah.
Untuk memperoleh profitabilitas yang tinggi pada perusahaan perlu adanya upaya
untuk meningkatkan loyalitas karena loyalitas adalah kunci profitabilitas. Dalam
penelitian ini penulis menggunakan Kepercayaan merek, presepsi switching cost,
dan kepuasan konsumensebagai variabel independen yang akan diteliti bagaimana
pengaruhnya terhadap loyalitas pada pertamax.
Setelah dilakukan tinjauan pustaka dan penyusunan hipotesis, diperoleh
data dari penyebaran kuesioner terhadap 84 pelanggan bahan bakar minyak
pertamax di Kota Semarang, yang diperoleh dengan menggunakan Accidental
Sampling, kemudian dilakukan analisis terhadap data yang diperoleh dengan
menggunakan analisis data secara kuantitatif dan kualitatif. Analisis kuantitatif
meliputi uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda,
pengujian hipotesis melalui uji t dan uji F, serta analisis koefisien determinasi
(R2). Analisis kualitatif merupakan interpretasi dari data-data yang diperoleh
dalam penelitian serta hasil pengolahan data yang sudah dilaksanakan dengan
memberi keterangan dan penjelasan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa koefisien determinasi yang terlihat
pada nilai Adjusted R Square sebesar 0,605 yang berarti bahwa loyalitas
pengaruhnya dapat dijelaskan oleh ketiga variabel independen dalam penelitian ini
yaitu kepercayaan merek, switching cost, dan kepuasan konsumen sebesar 60,5 %,
dan sisanya yaitu 39,5% dapat dijelaskan oleh variabel lain di luar model
penelitian ini. Secara parsial berdasarkan hasil uji bahwa semua variabel
kepercayaan merek, switching cost dan kepuasan konsumen berpengaruh positif
secara parsial atau individu terhadap variabel dependen dalam penelitian ini
dengan signifikansi di bawah 5% atau 0,05 di mana kepuasan konsumen memiliki
pengaruh terbesar dibandingkan variabel lain dalam penelitian ini, sedangkan
switching cost memiliki pengaruh paling rendah terhadap loyalitas. Berdasarkan
hasil uji F membuktikan bahwa ketiga variabel independen yaitu kepercayaan
merek, switching cost , dan kepuasan konsumen secara simultan atau bersamasama
berpengaruh terhadap variabel dependen yaitu Loyalitas. Oleh karena itu,
untuk meningkatkan loyalitas dapat dilakukan dengan cara meningkatkan
kepercayaan merek, switching cost, dan kepuasan konsumen.
Keywords : | profitability, loyalty, brand trust, switching cost preception , customer satisfaction, Profitabilitas, loyalitas, kepercayaan merek, presepsi switching cost, kepuasan konsumen |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Users 15 not found. |
Date Deposited: | 26 Jun 2020 02:45 |
Last Modified: | 26 Jun 2020 02:45 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/5071 |