PENGARUH KEPERCAYAAN MEREK, PRESEPSI SWITCHING COST DAN KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP LOYALITAS (Studi Kasus pada Konsumen Pertamax di Semarang)

BUANA, Faisal Rangga and MUDIANTONO, Mudiantono,(26 September 2011), PENGARUH KEPERCAYAAN MEREK, PRESEPSI SWITCHING COST DAN KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP LOYALITAS (Studi Kasus pada Konsumen Pertamax di Semarang). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of 16. S-Fulltext PDF Bookmarks-C2A309023.pdf] Text
Restricted to Repository staff only

Download (522kB)

Abstract

Adanya pilihan bahan bakar minyak lain di Indonesia menyebabkan turunnya jumlah pertumbuhan pelanggan bahan bakar minyak dan profitabilitas tiap merek bahan bakar minyak Hal ini juga dialami oleh Pertamina pada bahan bakar minyak Pertamax sebagai bahan bakar minyak non subsidi pemerintah. Untuk memperoleh profitabilitas yang tinggi pada perusahaan perlu adanya upaya untuk meningkatkan loyalitas karena loyalitas adalah kunci profitabilitas. Dalam penelitian ini penulis menggunakan Kepercayaan merek, presepsi switching cost, dan kepuasan konsumensebagai variabel independen yang akan diteliti bagaimana pengaruhnya terhadap loyalitas pada pertamax. Setelah dilakukan tinjauan pustaka dan penyusunan hipotesis, diperoleh data dari penyebaran kuesioner terhadap 84 pelanggan bahan bakar minyak pertamax di Kota Semarang, yang diperoleh dengan menggunakan Accidental Sampling, kemudian dilakukan analisis terhadap data yang diperoleh dengan menggunakan analisis data secara kuantitatif dan kualitatif. Analisis kuantitatif meliputi uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, pengujian hipotesis melalui uji t dan uji F, serta analisis koefisien determinasi (R2). Analisis kualitatif merupakan interpretasi dari data-data yang diperoleh dalam penelitian serta hasil pengolahan data yang sudah dilaksanakan dengan memberi keterangan dan penjelasan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa koefisien determinasi yang terlihat pada nilai Adjusted R Square sebesar 0,605 yang berarti bahwa loyalitas pengaruhnya dapat dijelaskan oleh ketiga variabel independen dalam penelitian ini yaitu kepercayaan merek, switching cost, dan kepuasan konsumen sebesar 60,5 %, dan sisanya yaitu 39,5% dapat dijelaskan oleh variabel lain di luar model penelitian ini. Secara parsial berdasarkan hasil uji bahwa semua variabel kepercayaan merek, switching cost dan kepuasan konsumen berpengaruh positif secara parsial atau individu terhadap variabel dependen dalam penelitian ini dengan signifikansi di bawah 5% atau 0,05 di mana kepuasan konsumen memiliki pengaruh terbesar dibandingkan variabel lain dalam penelitian ini, sedangkan switching cost memiliki pengaruh paling rendah terhadap loyalitas. Berdasarkan hasil uji F membuktikan bahwa ketiga variabel independen yaitu kepercayaan merek, switching cost , dan kepuasan konsumen secara simultan atau bersamasama berpengaruh terhadap variabel dependen yaitu Loyalitas. Oleh karena itu, untuk meningkatkan loyalitas dapat dilakukan dengan cara meningkatkan kepercayaan merek, switching cost, dan kepuasan konsumen.
Keywords : profitability, loyalty, brand trust, switching cost preception , customer satisfaction, Profitabilitas, loyalitas, kepercayaan merek, presepsi switching cost, kepuasan konsumen
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Users 15 not found.
Date Deposited: 26 Jun 2020 02:45
Last Modified: 26 Jun 2020 02:45
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/5071

Actions (login required)

View Item
View Item