STUDI TENTANG PENGARUH AKTIVITAS KOMUNIKASI NEGATIVE WORD OF MOUTH (Studi Kasus pada Pelanggan Salon Shafira di Kota Bekasi)

IRIANTI, Andhini Rizki and SOESANTO, Harry,(29 September 2011), STUDI TENTANG PENGARUH AKTIVITAS KOMUNIKASI NEGATIVE WORD OF MOUTH (Studi Kasus pada Pelanggan Salon Shafira di Kota Bekasi). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of 16. S-Fulltext PDF Bookmarks-C2A007011.pdf] Text
Restricted to Repository staff only

Download (702kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah WOM Valance Positive, Positive emotion, Negative emotion, dan WOM Content berpengaruh terhadap meningkatnya aktivitas komunikasi negative word of mouth yang terjadi di kalangan pelanggan salon Shafira dan menganalisis faktor yang paling dominan dalam mempengaruhi aktivitas komunikasi negative word of mouth pada pelanggan salon Shafira di kota Bekasi. Dalam penelitian ini, populasi penelitian mengacu pada pelanggan salon Shafira yang berada di kota Bekasi. Sampel yang diambil sebanyak 100 responden dengan menggunakan teknik purposive sampling. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh persamaan regresi sebagai berikut : Y =-0,287 X1 - 0,181X2 + 0,297X3 + 0,197X4 . Berdasarkan analisis data statistik, indikator-indikator pada penelitian ini bersifat valid dan variabelnya bersifat reliabel. Pada pengujian asumsi klasik, model regresi bebas multikolonieritas, tidak terjadi heteroskedastisitas, dan terdistribusi secara normal. Urutan secara individu dari masing-masing variabel yang paling berpengaruh adalah variabel negative emotion dengan koefisien regresi sebesar 0,297, lalu variabel won content dengan koefisien regresi sebesar 0,197. Sedangkan variabel yang berpengaruh rendah adalah wom valence positif dengan koefisien regresi sebesar - 0,287 dan variabel emotion positive dengan koefisien regresi sebesar -0,181. Model persamaan ini memiliki nilai F hitung sebesar 84,826 dan dengan tingkat signifikansi 0,000. Dimana F hitung lebih besar dari F tabel (2,47) dan dengan tingkat signifikansi yang lebih kecil dari α (0,05). Hal tersebut menunjukan bahwa variabel independen dalam penelitian ini berpengaruh secara bersama-sama terhadap variabel dependen yaitu aktivitas komunikasi negative word of mouth. Salon Shafira perlu memahami apa yang diinginkan pelanggan dan memberikan pelayanan yang baik kepada pelanggan, dan meningkatkan kualitas salon agar dapat bersaing dengan produk jasa sejenis.
Keywords : Wom valence positive, Positive emotion, Negative emotion, Wom content, activity of negative word of mouth communication., wom valence positive,positive emotion, negative emotion, wom content, aktivitas komunikasi negative word of mouth.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Users 15 not found.
Date Deposited: 30 Jun 2020 02:04
Last Modified: 30 Jun 2020 02:04
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/5160

Actions (login required)

View Item
View Item