ANALISIS KUALITAS LAYANAN JASA PENDIDIKAN SMA KRISTA MITRA SEMARANG

RIANTO, Ika Veratania and MUDIANTONO, Mudiantono,(27 September 2011), ANALISIS KUALITAS LAYANAN JASA PENDIDIKAN SMA KRISTA MITRA SEMARANG. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of 16. S-Fulltext PDF Bookmarks-C2A007063.pdf] Text
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pendidikan saat ini merupakan kebutuhan penting guna mempersiapkan masa depan yang lebih baik. Perubahan-perubahan pada pola pendidikan memunculkan banyak sekolah-sekolah, khususnya sekolah swasta yang saling bersaing dalam meningkatkan kualitas layanannya agar dapat memenuhi kepuasan pelanggan. Tingkat kepuasan siswa atas suatu pelayanan dapat diukur dengan membandingkan antara harapan siswa terhadap kualitas layanan yang diinginkannya dengan kenyataan yang diterimanya. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis tingkat kepentingan pelanggan dan kinerja dari kualitas jasa layanan pendidikan di SMA Krista Mitra Semarang. Metode pengujiannya menggunakan IPA (Importance Performace Analysis), dengan sampel sebanyak 79 responden berdasarkan metode proportional stratified random sampling yang terdistribusi secara proporsional pada setiap tingkatan kelas. Untuk menganalisis ketepatan alat ukur digunakan uji validitas, sedangkan untuk mengukur sejauh mana hasil suatu pengukuran dapat dipercaya, digunakan uji reliabilitas. Pengujian dilakukan terhadap indikator kepentingan dan kinerja semua dimensi, dimana hasilnya berkorelasi positif dan signifikan secara statistik, hal ini terbukti dengan nilai signifikansi < 0,05 yang menunjukkan bahwa indikator dalam penelitian ini valid. Sedangkan dari hasil uji reliabilitas menunjukkan nilai cronbach alpha > 0,6 sehingga dapat dikatakan semua konsep pengukur setiap variabel dari kuesioner adalah reliabel sehingga setiap konsep variabelnya layak sebagai alat ukur. Berdasarkan hasil penelitian ini, selanjutnya pihak SMA Krista Mitra Semarang dapat menentukan dimana perubahan kebijakan atas kinerja yang dilakukan untuk dapat melakukan perbaikan-perbaikan agar dapat memuaskan pelanggan.
Keywords : Service Quality, Importance Performance Analysis (IPA), Kualitas Layanan, Importance Performace Analysisis (IPA)
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Users 15 not found.
Date Deposited: 03 Jul 2020 03:44
Last Modified: 03 Jul 2020 03:44
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/5360

Actions (login required)

View Item
View Item