STUDI MENGENAI IMPULSE BUYING DALAM PENJUALAN ONLINE

KHARIS, Ismu Fadli and INDRIANI, Farida,(10 February 2011), STUDI MENGENAI IMPULSE BUYING DALAM PENJUALAN ONLINE. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of 16.S-Full text pdf Bookmark-C2A606056.pdf] Text
Restricted to Repository staff only

Download (988kB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi dengan munculnya globalisasi yang membawa dampak kepada perubahan cara untuk memasarkan produk. Dewasa ini teknologi internet merupakan salah kunci sukses perusahaan kecil, sedang, maupun besar untuk menjaring semakin banyak pelanggan. Dengan internet, alur pemasaran suatu produk dari produsen ke konsumen tidak lagi dibatasi oleh waktu, ruang maupun jarak. Produsen dapat dengan mudah memasarkan produkproduknya tanpa melalui alur pemasaran konvensiaonal yang panjang dan memerlukan waktu yang lama serta memerlukan lebih banyak biaya sehingga produsen mampu menekan biaya untuk memasarkan produknya. Teknologi internet menjadi berkembang pesat dan pada akhirnya menjadikan semakin ketatnya persaingan pemasaran bagi produsen di Indonesia maupun global. Ada yang menarik dari perilaku konsumen di Indonesia, sebagian besar konsumen yang membelanjakan uang mereka dalam bisnis online mengalami impulse buying (pembelian tak terencana) saat berbelanja. Penelitian ini mencoba untuk mengetahui faktor-faktor apa yang menyebabkan konsumen melakukan impulse buying ketika berbelanja secara online. Penelitian ini menggunakan 2 variabel independen yaitu kualitas pelayanan (X1), promosi (X2) dan impulse buying sebagai variabel dependennya (Y). Setelah dilakukan tinjauan pustaka, dan penyusunan hipotesis, data dikumpulkan melalui metode kuesioner yang disebar kepada 100 orang responden di lingkungan Universitas Diponegoro Semarang yang telah melakukan pembelian tidak direncanakan secara online dengan menggunakan purposive sampling. Sedangkan analisis dilakukan dengan pengolahan data menggunakan SPSS 17.0 for windows. Kemudian dilakukan analisis dengan data yang ada menggunakan uji validitas, reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, dan pengujian hipotesis menggunakan uji f dan uji t sehingga didapat persamaan : Y = 0,409 X1 + 0,288 X Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan didapat bahwa, kedua variabel independen berpengaruh secara signifikan terhadap variabel dependen. Variabel kualitas pelayanan berpengaruh positif sebesar 0,409 dengan tingkat signifikansi 0,000, sedangkan variabel promosi berpengaruh positif sebesar 0,288 dengan tingkat signifikansi 0,01. Besarnya koefisien determinasi R 2 2 dari kedua variabel tersebut adalah 29,5%. Hal ini berarti kedua variabel independen tersebut hanya mampu menjelaskan 29,5% variasi sementara variasi lainnya yaitu sebesar 100% - 29,5% = 70,5% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini. Kata kunci : impulse buying, kualitas pelayanan, dan promosi.
Keywords : Key words: impulse buying, service quality, and promotion, Kata kunci : impulse buying, kualitas pelayanan, dan promosi
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Handri Herawati
Date Deposited: 06 Jul 2020 05:34
Last Modified: 06 Jul 2020 05:34
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/5487

Actions (login required)

View Item
View Item