ANALISIS PENGARUH ATRIBUT PRODUK, BAURAN PROMOSI, DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK MERCHANDISE ( Studi pada Kedai Digital 7 di Semarang )

PAMUJO, Novian Yuga and KHASANAH, Imroatul,(30 May 2011), ANALISIS PENGARUH ATRIBUT PRODUK, BAURAN PROMOSI, DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK MERCHANDISE ( Studi pada Kedai Digital 7 di Semarang ). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of 16. S - Fulltext PDF Bookmarks.pdf] Text
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh semakin banyaknya bisnis merchandise di kota-kota besar yang ada di Indonesia. Salah satunya adalah Kedai Digital 7 Semarang. Dimana Kedai Digital 7 Semarang adalah sebuah unit usaha yang bergerak dalam berbagai bidang produksi kreatif khususnya bidang merchandising & desain grafis. Meskipun Kedai Digital 7 bukan merupakan perusahaan merchandise satu-satunya yang ada di kota Semarang ini, namun Kedai Digital 7 Semarang mampu mempertahankan eksistensinya di dunia persaingan industri merchandise Indonesia khususnya di kota Semarang ini. Hal ini bisa terlihat banyaknya konsumen yang datang ke Kedai Digital 7 Semarang untuk membeli produk-produk mereka. Sehingga penjualan produk-produk Kedai Digital 7 mengalami peningkatan selama 3 (tiga) tahun terakhir ini. Oleh karena itu penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana pengaruh variabel atribut produk, bauran promosi, dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian. Setelah dilakukan tinjauan pustaka dan penyusunan hipotesis, data dikumpulkan melalui metode kuesioner terhadap 100 responden konsumen Kedai Digital 7 di Semarang yang diperoleh dengan menggunakan teknik non probability sampling. Kemudian dilakukan analisis terhadap data yang diperoleh dengan menggunakan analisis regresi berganda. Analisis ini meliputi: uji validitas dan realibilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, pengujian hipotesis melalui uji t dan uji F, serta analisis koefisien determinasi (R2). Dari analisis tersebut diperoleh persamaan regresi : Y = 0,377 X1 + 0,259 X2 + 0,378 X3 Dimana variabel keputusan pembelian (Y), atribut produk (X1), bauran promosi (X2), dan kualitas pelayanan (X3). Pengujian hipotesis menggunakan uji t menunjukkan bahwa ketiga variabel independen yang diteliti yaitu variabel atribut produk, bauran promosi, dan kualitas pelayanan terbukti berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel dependen keputusan pembelian. Kemudian melalui uji F dapat diketahui bahwa ketiga variabel independen memang layak untuk menguji variabel dependen keputusan pembelian. Angka Adjusted R Square sebesar 0,555 menunjukkan bahwa 55,5 persen variabel keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh ketiga variabel independen dalam persamaan regresi. Sedangkan sisanya sebesar 44,5 persen dijelaskan oleh variabel lain di luar ketiga variabel yang digunakan dalam penelitian ini
Keywords : purchasing decision, product attributes, promotional mix, service quality., Keputusan pembelian, atribut Produk, bauran promosi, kualitas pelayanan.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Gunawan Gunawan
Date Deposited: 07 Jul 2020 02:34
Last Modified: 07 Jul 2020 02:34
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/5534

Actions (login required)

View Item
View Item