SULISTIONO, Ari Budi and SOFYAN, H. Syuhada,(June 2010), PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, FASILITAS DAN LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN MENGINAP ( Studi Pada Tamu Hotel Srondol Indah Semarang ). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text
Download (20kB)
Download (20kB)
Text
Download (15kB)
Download (15kB)
Text
Download (17kB)
Download (17kB)
Text
Download (17kB)
Download (17kB)
Text
Download (20kB)
Download (20kB)
Text
Restricted to Repository staff only
Download (635kB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (635kB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh tingkat pertumbuhan hotel di
Semarang yang tinggi yang tidak diimbangi dengan peningkatan jumlah
wisatawan yang seimbang. Hal ini tentu saja akan mempengaruhi jumlah
pengunjung yang menginap di hotel. Penyedia layanan perhotelan harus
menyiapkan strategi terbaik untuk menarik konsumen , karena dengan munculnya
hotel – hotel baru maka konsumen menjadi semakin memiliki banyak pilihan.
Hotel Srondol Indah Semarang merupakan salah satu hotel yang terkena imbas
dari ketidakseimbangan tersebut. Dapat dilihat dari terus turunnya jumlah
pengunjung yang menginap di hotel ini sejak tahun 2005 s.d tahun 2009. Masalah
dalam penelitian ini adalah “ faktor – faktor apa yang mempengaruhi keputusan
seseorang untuk menginap di Hotel Srondol Indah Semarang”. Yang secara
khusus difokuskan pada tiga variabel yaitu kualitas pelayanan, fasilitas dan lokasi.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk dapat mempelajari pengaruh tiga variabel
tersebut dalam mempengaruhi keputusan menginap di Hotel Srondol Indah.
Setelah melekukan kajian literatur dan penyusunan hipotesis, data yang
dikumpulkan memalui kuesioner pada 80 tamu Hotel Srondol Indah Semarang
yang diperoleh menggunakan teknik sampling sistematik. Kemudian dilakukan
analisis data yang diperoleh dengan menggunakan analisis regresi berganda.
Analisis ini mencakup: validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi
berganda, pengujian hipotesis melalui uji t dan F, dan analisis koefisien deter
minasi ( R2 ). Dari analisis tersebut diperoleh analisis regresi:
Y = 0,308 X1 + 0,284 X2 + 0,303 X3
Dimana variabel keputusan menginap (Y), kualitas pelayanan (X1),
fasilitas (X2) dan Lokasi (X3) diuji menggunakan uji t meneunjukkan bahwa
ketiga variabel independen secara signifikan mempengaruhi keputusan menginap
sebagai variabel dependen. Kemudian memalui uji F menunjukkan bahwa
variabel kualitas pelayanan, fasilitas dan lokasi yang tepat untuk menguji variabel
keputusan menginap. Angka Adjusted R square sebesar 0,473 menunjukkan
bahwa bahwa 47,3 persen variabel keputusan menginap dapat dijelaskan meleui
ketiga variabel independen dalam persamaan regresi. Sedangkan sisanya 52,7
persen dijelaskan oleh variabel lain diluar ketiga variabel yang digunakan dalam
penelitian ini.
Keywords : | decission to stay, service quality, facilities, location., keputusan menginap, kualitas pelayanan, fasilitas, lokasi |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Yuwono Yuwono |
Date Deposited: | 15 Jul 2020 07:01 |
Last Modified: | 15 Jul 2020 07:01 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/5841 |