KUSUMAWATI, Miranda and INDRIANI, Farida,(12 March 2020), ANALISIS PENGARUH CIRI KEPRIBADIAN DAN KUALITAS WEBSITE TERHADAP PERILAKU PEMBELIAN IMPULSIF ONLINE. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text
- Published Version
Download (67kB)
Download (67kB)
Text
- Published Version
Download (146kB)
Download (146kB)
Text
- Published Version
Download (148kB)
Download (148kB)
Text
- Published Version
Download (271kB)
Download (271kB)
Text
- Published Version
Download (415kB)
Download (415kB)
Text
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
Abstract
Terdapat persamaan perilaku konsumen antara e-retailing dengan toko fisik, yaitu perilaku pembelian yang terjadi secara spontan. Pada industri toko elektronik, semua perusahaan mencoba untuk membuat desain website yang berbeda dari pesaing lainnya dan mereka juga menargetkan konsumen dengan ciri kepribadian yang spesifik berdasarkan jenis kelamin mereka. Kualitas website dan ciri kepribadian dapat menjadi faktor yang mempengaruhi pembelian impulsif online.
Penelitian ini bertujuan untuk menentukan faktor dari ciri kepribadian dan kualitas website yang berpengaruh terhadap perilaku pembelian impulsif online. Untuk mendeteksi ciri kepribadiandan kualitas website, digunakan item dari Big Five Personality Inventoty dan WebQual. Sebagai permulaan, kuesioner online diisi oleh 60 pria dan 60 wanita yang termasuk ke dalam Generai Y. Selanjutnya, data yang terkumpul diproses menggunakan aplikasi perangkat lunak IBM SPSS dengan analisis regresi berganda dan uji beda independent t-test.
Hasil menunjukkan bahwa ciri kepribadian openness berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku pembelian impulsif online pada pria. Sedangkan pada wanita, openness tidak memiliki pengaruh yang signifikan. Selanjutnya pada pria, ciri kepribadian extraversion dan neuroticism tidak berpengaruh signifikan terhadap perilaku pembelian impulsif online. Pada wanita, ciri kepribadian extraversion dan neuroticism ini memiliki pengaruh yang positif dan signifikan. Kemudian, ciri kepribadian agreeableness dan conscientiousness berpengaruh negatif dan signifikan terhadap perilaku pembelian impulsif online pada pria dan wanita. Pada dimensi kualitas website, diketahui bahwa usefulness berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku pembelian impulsif online pada pria. Sementara pada wanita, dimensi ini tidak berpengaruh signifikan. Selanjutnya, dimensi ease of use tidak berpengaruh signifikan terhadap perilaku pembelian impulsif online pada pria. Namun, dimensi ini memiliki pengaruh yang positif dan signifikan pada wanita. Dimensi entertainment ditemukan tidak berpengaruh signifikan terhadap perilaku pembelian impulsif online pada wanita. Tetapi pada pria, dimensi ini memiliki pengaruh yang positif dan signifikan. Untuk dimensi complementary relationship, ditemukan bahwa dimensi ini tidak berpengaruh signifikan terhadap perilaku pembelian impulsif online pada pria dan wanita.
Keywords : | E-Retailing, Marketing Strategy, Impulse Buying, Consumption Pattern Based on Gender, Gen Y, E-Retailing, Strategi Pemasaran, Pembelian Impulsif, Pola Konsumsi Berdasarkan Jenis Kelamin, Generasi Y |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Arief Eryka Zendy |
Date Deposited: | 17 Jul 2020 04:17 |
Last Modified: | 17 Jul 2020 04:17 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/5947 |