SAPUTRA, Bagus Eka and GUNANTO, Edy Yusuf Agung,(5 May 2020), FAKTOR DETERMINAN YANG MEMENGARUHI MAHASISWA DALAM MEMILIH BANK SYARIAH (Studi Kasus pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Undip Dan UIN Walisongo Semarang). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text
- Published Version
Download (535kB)
Download (535kB)
Text
- Published Version
Download (503kB)
Download (503kB)
Text
- Published Version
Download (503kB)
Download (503kB)
Text
- Published Version
Download (648kB)
Download (648kB)
Text
- Published Version
Download (586kB)
Download (586kB)
Text
- Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
Abstract
Indonesia memiliki jumlah penduduk muslim yang sangat besar. Penduduk
muslim di Indonesia yang sangat besar tersebut tentunya akan mempengaruhi
perilaku konsumen dari masyarakat untuk menggunakan layanan bank syariah.
Majelis Ulama Indonesia mengeluarkan fatwa tentang haramnya bunga bank
membuat bank syariah lahir sebagai alternatif dari permasalahan bunga dan riba.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh religiusitas,
pendapatan, pelayanan, promosi, dan lokasi terhadap keputusan mahasiswa fakultas
ekonomi di kota semarang untuk menggunakan bank syariah.
Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa fakultas ekonomi di kota
semarang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang dilakukan dengan
menyebarkan kuesioner kepada 191 responden dengan metode purposive random
sampling. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda yang diolah
menggunakan SPSS versi 23.
Hasil analisis data kuantitatif menunjukkan bahwa faktor religiusitas,
promosi, dan lokasi secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan
mahasiswa menggunakan bank syariah. Sedangkan variabel pendapatan dan
pelayanan secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan
mahasiswa menggunakan bank syariah. Secara simultan hasil yang diperoleh dari
variabel religiusitas, pendapatan, pelayanan, promosi, dan lokasi berpengaruh
secara simultan terhadap keputusan mahasiswa menggunakan bank syariah.
Keywords : | Consumer Behavior, Religiosity, Income, Service, Promotion and Location., Perilaku Konsumen, Religiusitas, Pendapatan, Pelayanan, Promosi, Lokasi. |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | Ekonomi Pembangunan |
Depositing User: | Endhar Priyo Utomo |
Date Deposited: | 17 Jul 2020 07:41 |
Last Modified: | 17 Jul 2020 07:41 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/5972 |