FAKTOR DETERMINAN YANG MEMENGARUHI MAHASISWA DALAM MEMILIH BANK SYARIAH (Studi Kasus pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Undip Dan UIN Walisongo Semarang)

SAPUTRA, Bagus Eka and GUNANTO, Edy Yusuf Agung,(5 May 2020), FAKTOR DETERMINAN YANG MEMENGARUHI MAHASISWA DALAM MEMILIH BANK SYARIAH (Studi Kasus pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Undip Dan UIN Walisongo Semarang). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of 1. S - Cover - 12040115140040.pdf] Text - Published Version
Download (535kB)
[thumbnail of 4. S - Abstrak (Inggris) - 12040115140040.pdf] Text - Published Version
Download (503kB)
[thumbnail of 5. S - Abstrak (Indonesia) - 12040115140040.pdf] Text - Published Version
Download (503kB)
[thumbnail of 6. S - Daftar Isi - 12040115140040.pdf] Text - Published Version
Download (648kB)
[thumbnail of 12. S - Daftar Pustaka - 12040115140040.pdf] Text - Published Version
Download (586kB)
[thumbnail of 16. S - Fulltext PDF Bookmarks - 12040115140040.pdf] Text - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Indonesia memiliki jumlah penduduk muslim yang sangat besar. Penduduk muslim di Indonesia yang sangat besar tersebut tentunya akan mempengaruhi perilaku konsumen dari masyarakat untuk menggunakan layanan bank syariah. Majelis Ulama Indonesia mengeluarkan fatwa tentang haramnya bunga bank membuat bank syariah lahir sebagai alternatif dari permasalahan bunga dan riba. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh religiusitas, pendapatan, pelayanan, promosi, dan lokasi terhadap keputusan mahasiswa fakultas ekonomi di kota semarang untuk menggunakan bank syariah. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa fakultas ekonomi di kota semarang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada 191 responden dengan metode purposive random sampling. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda yang diolah menggunakan SPSS versi 23. Hasil analisis data kuantitatif menunjukkan bahwa faktor religiusitas, promosi, dan lokasi secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan mahasiswa menggunakan bank syariah. Sedangkan variabel pendapatan dan pelayanan secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan mahasiswa menggunakan bank syariah. Secara simultan hasil yang diperoleh dari variabel religiusitas, pendapatan, pelayanan, promosi, dan lokasi berpengaruh secara simultan terhadap keputusan mahasiswa menggunakan bank syariah.
Keywords : Consumer Behavior, Religiosity, Income, Service, Promotion and Location., Perilaku Konsumen, Religiusitas, Pendapatan, Pelayanan, Promosi, Lokasi.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Pembangunan
Depositing User: Endhar Priyo Utomo
Date Deposited: 17 Jul 2020 07:41
Last Modified: 17 Jul 2020 07:41
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/5972

Actions (login required)

View Item
View Item