PERSEPSI KONSUMEN TERHADAP ATRIBUT ROTI OLAHAN UKM DARI KOPINKRA KARYA BOGA YANG DIPASARKAN DI KABUPATEN JEPARA

HAPSARI, Cynthia Senja and SETIAWAN, Achma Hendra,(12 March 2014), PERSEPSI KONSUMEN TERHADAP ATRIBUT ROTI OLAHAN UKM DARI KOPINKRA KARYA BOGA YANG DIPASARKAN DI KABUPATEN JEPARA. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of 16. S-Fulltext Pdf Bookmark-C2B009110.PDF] Text
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji atribut roti olahan UKM dari KOPINKRA KARYA BOGA yang menjadi preferensi atau kesukaan konsumen di Kabupaten Jepara. Mengkaji atribut yang paling dipertimbangkan konsumen dalam keputusan membeli roti tersebut. Metode dasar dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif, dan pelaksanaannya dengan teknik survey. Penentuan sampel dengan terlebih dahulu dilakukan prasurvei untuk membuat asumsi tentang berapa persentase dari populasi yang menyukai dan mengkonsumsi roti tersebut sesuai dengan kelompok umur masing – masing. Teknik penarikan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik acak proposional (proposional random sampling). Jenis data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder.Analisis yang digunakan adalah analisischi square. Hasil nalisis chi-square menunjukkan bahwa preferensi konsumen berdasarkan karakteristik responden (pendidikan, usia, pekerjaan) terhadap roti olahan dari KOPINKRA KARYA BOGA berbeda nyata pada taraf kepercayaan 95%.Artinya, preferensi konsumen terhadap roti tersebut di Kabupaten Jepara tidak sama atau terdapat perbedaan preferensi konsumen. Roti yang menjadi kesukaan konsumen di Kabupaten Jepara adalah roti dengan harga Rp 1.000,00, roti dengan rasa manis, roti denganukuransedang, dan roti dengan kemasan plastik perekat. Dari hasil analisis jenis roti yang paling disukai yaitu roti isi (oven) serta pengeluaran untuk roti sebesar kurang dari Rp 10.000,00 dalam satu bulan.
Keywords : Consumer preferences, chi-square analysis, Attributebread(Expenditure, Price, Taste, size, packaging)., Preferensikonsumen, Analisischi-square, Atribut roti (Pengeluaran, Harga,Rasa, Ukuran, Kemasan).
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Pembangunan
Depositing User: Nila Nurjanah
Date Deposited: 22 Jul 2020 08:46
Last Modified: 22 Jul 2020 08:46
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/6186

Actions (login required)

View Item
View Item