ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN KONSUMEN DALAM MENGGUNAKAN PRODUK MOBIL MEREK HONDA JAZZ (Studi Kasus Pada Pengguna Produk Honda Jazz di Wilayah Kota Semarang)

ERIAWAN, Nurcahya Luis and KAMAL, H. Mustafa,(9 March 2011), ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN KONSUMEN DALAM MENGGUNAKAN PRODUK MOBIL MEREK HONDA JAZZ (Studi Kasus Pada Pengguna Produk Honda Jazz di Wilayah Kota Semarang). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of 16.S-Fulltext PDF Bookmarks-C2A606076.pdf] Text
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Industri otomotif di Indonesia menawarkan berbagai macam produk, sehingga tidak mengherankan jika persaingan dalam usaha otomotif terutama mobil jenis small MPV berlangsung dengan sangat ketat dan harga yang ditawarkan pun menjadi kompetitif. Tingkat kepuasan konsumen terhadap suatu barang akan memberikan cerminan keberhasilan produsen dalam memproduksi suatu barang, sebab apabila suatu produk akan menjadi gagal apabila barang tersebut tidak memberikan kepuasan bagi konsumen. Pengguna produk Honda jazz pada tahun 2009 mengalami penurunan yang di sebabkan ketidaksesuaian harapan konsumen terhadap produk Honda jazz dan peningkatan komplain yang dilakukan oleh konsumen terhadap pengguna produk Honda jazz.Penilitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kepuasan konsumen pengguna produk Honda jazz di pengaruhi oleh persepsi kualitas, kualitas pelayanan, asosiasi merek, dan Loyalitas merek. Populasi pada penelitian ini adalah pada pengguna produk Honda jazz pada tahun 2007 sampai 2009 di wilayah kota semarang. Sampel yang di ambil sebanyak 100 responden dengan menggunakan Teknik incidental. Kemudian di lakukan analisis terhadap data yang di peroleh dengan menggunakan analisis regresi berganda. Analisis ini meliputi : Uji validitas, reabilitas,uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, Pengujian hipotesis melalui uji f dan uji t, serta analisis koefisien determinasi (R2). Berdasarkan hasil penelitian, di peroleh persamaan regresi : Y= 0,233X1 + 0,192X2 + 0,271X3 + 0,228X4. Berdasarkan analisis data statistik, indikator-indikator pada penilitian ini bersifat valid dan variabelnya bersifat reliabel. Pada pengujian asumsi klasik, model regresi bebas multikolonieritas, tidak terjadi heterokeasitas, dan berdistribusi normal. Urutan scara individu dari masing-masing variabel yang paling berpengaruh adalah variabel asosiasi merek dengan koefisien regresi sebesar 0,271, lalu Persepsi kualitas dengan koefesien regresi sebesar 0,233, kemudian diikuti dengan variabel loyalitas dengan besar koefesien sebesar 0,228 dan yang paling rendah pada variabel kualitas pelayanan dengan koefesien sebesar 0,192. Pengujuian hipotesis menggunakan uji t menunjukan bahwa keempat variabel independen yang di teliti terbukti scara signifikan mempengaruhui variabel dependen kepuasan konsumen. Kemudian melalui uji F Dapat diketahui bahwa variabel independen memang layak untuk menguji variabel dependen kepuasan kosumen. Angka Adjusted R Square sebesar 0,524 menunjukkan bahwa sebesar 52,4% variabel kepuasan konsumen dapat dijelaskan oleh keempat variabel independen dalam persamaan regresi. Sedangkan sisanya sebesar 47,6 % dijelaskan oleh variabel lain diluar keempat variabel yang digunakan dalam penelitian ini.
Keywords : perceived quality, quality service, brand association, brand loyalty, Persepsi kualitas, kualitas pelayanan, asosiasi merek, loyalitas merek
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Yuwono Yuwono
Date Deposited: 23 Jul 2020 10:42
Last Modified: 23 Jul 2020 10:42
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/6250

Actions (login required)

View Item
View Item