ANALISIS USULAN KEBIJAKAN SOLUSI KEMACETAN JALAN MT. HARYONO KOTA SEMARANG (Di Ruas Dua Arah, Dari Pertigaan Tanah Putih Hingga Perempatan Kawasan Bangkong Dan Dari Persimpangan Peterongan Hingga Pertigaan Tanah Putih)

KUKUH, K.A Petra and NUGROHO, SBM,(19 March 2015), ANALISIS USULAN KEBIJAKAN SOLUSI KEMACETAN JALAN MT. HARYONO KOTA SEMARANG (Di Ruas Dua Arah, Dari Pertigaan Tanah Putih Hingga Perempatan Kawasan Bangkong Dan Dari Persimpangan Peterongan Hingga Pertigaan Tanah Putih). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of 16.S- FULLTEXT PDF BOOKMARKS- C2B009010.pdf] Text
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kondisi kemacetan lalu lintas di Jalan MT. Haryono di Kota Semarang dan menganalisis kebijakan-kebijakan solusi kemacetan lalu lintas terhadap Jalan MT. Haryono di Kota Semarang. Kemacetan lalu lintas merupakan salah satu dampak negatif dari pertumbuhan dan perkembangan kota. Jumlah pengguna kendaraan pribadi yang tidak dapat dikontrol tiap tahunnya di kota menjadi penyebab utama terjadinya kemacetan lalu lintas. Penelitian ini menggunakan Analisis Proses Hirarki (AHP) sebagai metodenya. Metode ini digunakan untuk menganalisis 11 kebijakankebijakan alternatif kemacetan lalu lintas yang diusulkan oleh Key Informans yang telah melalui proses wawancara sebelumnya. Alternatifalternatif tersebut dibagi ke dalam tiga aspek, yakni Aspek Ekonomi, Aspek Sosial Budaya, dan Aspek Kelembagaan. Seluruh alternatif kebijakan akan dianalisis oleh 3 jenis responden yang berbeda, yakni Key Informans, masyarakat sekitar Jalan MT. Haryono dan pengguna MT. Haryono. Hasil dari penelitian ini berdasarkan seluruh alternatif dari tiap aspek oleh masing-masing responden untuk memilih kebijakan untuk mengurangi kemacetan lalu lintas, yakni pemberlakuan tarif parkir yang mahal dengan Inkonsistensi Rasio sebesar ≤ 0,1, berarti bahwa analisis ini konsisten dan dapat diterima untuk dijadikan sebuah kebijakan. Pemberlakuan tarif parkir yang mahal pada kendaraan yang parkir merupakan prioritas tertinggi diantara alternatif-alternatif lainnya. Menaikkan tarif parkir kendaraan, yang berada di bahu/pinggir jalan memiliki tujuan utama mengoptimalkan jalan agar kapasitas tampak lebih lebar. Menaikkan tarif parkir kendaraan, yang berada di bahu/pinggir jalan dapat secara efektif dalam mengurangi kemacetan lalu lintas di Jalan MT. Haryono pada khususnya jika diimplementasikan secara benar dan masyarakat tidak berbuat curang terhadap pemerintah.
Keywords : traffic jams, Analysis Hierarchy Process (AHP), MT. Haryono Street, Expensive Parking Rates, Kemacetan lalu lintas, Analisis Proses Hirarki (AHP), Jalan MT. Haryono, Tarif Parkir Mahal
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Pembangunan
Depositing User: Mohamad Sulamul Hadi
Date Deposited: 27 Jul 2020 06:36
Last Modified: 27 Jul 2020 06:36
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/6300

Actions (login required)

View Item
View Item