WARDANI, Hafizha Pramuda and LATARUVA, Eisha,(20 September 2010), ANALISIS PENGARUH KETIDAKPUASAN KONSUMEN, KEBUTUHAN MENCARI VARIASI PRODUK, HARGA PRODUK DAN IKLAN PRODUK PESAING TERHADAP KEPUTUSAN PERPINDAHAN MEREK DARI SABUN PEMBERSIH WAJAH BIORE (Studi pada mantan pengguna Sabun Pembersih Wajah Biore di Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro Semarang). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text
Download (131kB)
Download (131kB)
Text
Download (120kB)
Download (120kB)
Text
Download (123kB)
Download (123kB)
Text
Download (126kB)
Download (126kB)
Text
Download (128kB)
Download (128kB)
Text
Restricted to Repository staff only
Download (769kB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (769kB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh timbulnya fenomena munculnya berbagai
merek-merek baru khususnya untuk kategori produk sabun pembersih wajah. Biore
kini mulai tersaingi oleh merek-merek lainnya, hal ini ditandai dengan tingginya
tingkat perpindahan merek dari sabun pembersih wajah Biore ke sabun pembersih
wajah merek lain. Dengan meningkatnya perpindahan merek, Biore yang berada di
posisi kedua perlu mempelajari alasan-alasan mengapa pelanggan berpindah ke sabun
pembersih lain? Berdasarkan data yang diperoleh bahwa terjadi pergeseran market
share sabun pembersih wajah Biore di tahun 2008-2009. Dimana Biore mengalami
penurunan yaitu 26,1% di tahun 2008 kini menjadi 12,1% di tahun 2009, atau
mengalami derajat penurunan sebesar 14,0%.
Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh
ketidakpusaan konsumen, kebutuhan mencari variasi, harga, dan iklan terhadap
keputusan perpindahan merek. Penelitian ini dilakukan terhadap konsumen sabun
pembersih wajah Biore yang telah berpindah ke sabun pembersih wajah merek lain
dan jumlah sampel yang ditetapkan sebanyak 100 responden dengan menggunakan
metode Accidential Sampling. Metode analisis yang digunakan adalah analisis
kuantitatif dan analisis kualitatif. Data yang telah memenuhi uji validitas, uji
reliabilitas, dan uji asumsi klasik diolah sehingga menghasilkan persamaan regresi
sebagai berikut :
Y= 0.318 X1 + 0.430 X2 + 0.164 X3 + 0.323 X4
Dimana variabel Keputusan Perpindahan Merek (Y), Ketidakpuasan
Konsumen (X1), Kebutuhan Mencari Variasi (X2), Harga (X3), dan Iklan (X4).
Pengujian hipotesis menggunakan uji t menunjukkan bahwa keempat variabel
independen yang diteliti terbukti secara signifikan mempengaruhi variabel dependen
keputusan perpindahan merek. Kemudian melalui uji F dapat diketahui bahwa
variabel ketidakpuasan konsumen, kebutuhan mencari variasi, harga dan iklan
memang layak untuk menguji variabel dependen keputusan perpindahan merek.
Angka Adjusted R Square sebesar 0,513 menunujukkan bahwa 51,3 persen variasi
keputusan perpindahan merek dapat dijelaskan oleh keempat variabel independen
dalam persamaan regresi. Sedangkan sisanya sebesar 48,7% persen dijelaskan oleh
variabel lain diluar keempat variabel yang digunakan dalam penelitian ini.
Keywords : | Displacement Brand, Consumer Dissatisfaction, Need Looking for Variety, Price, Advertising., KeputusanPerpindahan Merek, Ketidakpuasan Konsumen, Kebutuhan Mencari Variasi, Harga,Iklan. |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Elok Inajati |
Date Deposited: | 04 Aug 2020 03:04 |
Last Modified: | 04 Aug 2020 03:04 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/6484 |