SUSWANTO, Tris and SUFIAN, Syuhada,(August 2012), ANALISIS PENGARUH FAKTOR-FAKTOR STRATEGI GENERIK DAN ASSET STRATEJIK TERHADAP KINERJA PASAR TRADISIONAL DI KOTA SEMARANG (Studi Empirik pada Unit-unit Pasar Tradisional Dinas Pasar Kota Semarang). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (184kB)
Download (184kB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (132kB)
Download (132kB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (133kB)
Download (133kB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (133kB)
Download (133kB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (278kB)
Download (278kB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Permasalahan yang dihadapi oleh pasar tradisional di Kota Semarang adalah
pendapatan dari retribusi pasar belum bisa menutup seluruh pengeluaran untuk
pengelolaan pasar. Pendapatan yang belum bisa mencapai titik impas operasional
tersebut menunjukkan kinerja pasar tradisional yang stagnan dimana retribusi pasar
sulit ditingkatkan, disebabkan pendapatan dan keuntungan para pedagang juga
stagnan dan pasar tradisional sulit berkembang. Meskipun beberapa strategi dan
tindakan telah dilaksanakan namun pasar tradisional sulit berkembang. Pengunjung
pasar tradisional tetap stagnan dan beralih ke toko-toko modern (supermarket,
minimarket) yang berada didekat lokasi-lokasi pasar ditambah pedagang yang
kurang puas dengan pengelolaan dan kondisi pasar. Melihat hal tersebut maka perlu
dianalisis apakah faktor-faktor strategi generik dan asset stratejik dapat
meningkatkan kinerja organisasi unit-unit pasar tradisional, sehingga dikembangkan
model penelitian dengan menggunakan tiga variabel penelitian yaitu strategi
generik, asset stratejik dan kinerja organisasi.
Untuk mendapatkan data-data mengenai variabel yang diteliti digunakan
sebuah kuisioner yang disusun sehingga pertanyaan-pertanyaan terstruktur
didalamnya mampu menjawab variabel penelitian, dimana 60 responden pengelola
unit-unit pasar tradisional dan 40 responden para pedagang pasar di Kota Semarang
diminta menjawab kuisioner tersebut. Data yang terkumpul selanjutnya dianalisis
dengan menggunakan teknik Analisa Regresi Linier Berganda (Multiple Linier
Regression Analysis) dan output yang dihasilkan dipergunakan sebagai dasar
pengujian dan pembahasan hipotesis serta rumusan masalah.
Hasil pengujian kelayakan atau Uji-F terhadap model penelitian menunjukan
bahwa model penelitian yang dikembangkan adalah layak. Sedangkan dari
pengujian hipotesis melalui Uji-t menunjukkan bahwa kualitas strategi generik dan
asset stratejik berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja organisasi pasar
tradisional.
Berdasarkan hasil pengujian hipotesis maka upaya-upaya untuk meningkatkan
kinerja unit-unit pasar tradisional di Kota Semarang dilakukan dengan
mengembangkan kualitas strategi diferensiasi yang diterapkan melalui
pengembangan diversifikasi pendapatan, diferensiasi barang dagangan, promosi citra
pasar, inovasi pemasaran dan pelatihan pegawai, serta meningkatkan kualitas asset
untuk mendukung pengembangan strategi melalui upaya mengurangi tingkat
persaingan dengan toko modern dan memperbaiki kondisi fasilitas bangunan pasar.
Dalam hal pelayanan kepada pedagang, perlu diperbaiki layanan pengurusan surat
ijin dan kewajaran biaya sewa lapak/kios.
Keywords : | traditional market, the quality of generic strategies, strategic asset, organizational performance, the performance of market services., pasar tradisional, kualitas strategi generik, asset stratejik, kinerja organisasi, kinerja pelayanan pasar. |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Masters) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Eriana Ringgowati |
Date Deposited: | 09 Oct 2020 04:10 |
Last Modified: | 09 Oct 2020 04:10 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/7089 |