PRAKOSA, Sena Oddy and INDRIANI, Farida,(9 April 2020), STUDI FENOMENOLOGI KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK APPLE PADA GENERASI X, Y, DAN Z. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (3MB)
Download (3MB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (3MB)
Download (3MB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (3MB)
Download (3MB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (3MB)
Download (3MB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (3MB)
Download (3MB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (4MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (4MB) | Request a copy
Abstract
Apple Inc. kini menjadi perusahaan teknologi terbesar di dunia yang memiliki jumlah penggunanya cukup fantastis di seluruh dunia, tak terkecuali Indonesia. Berangkat dari fenomena yang ada serta gap penelitian (research gap) tentu terdapat alasan-alasan yang mendorong masyarakat untuk menggunakan produk tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui alasan dan faktor apakah yang menjadi pertimbangan para pengguna produk Apple serta dilihat dari kacamata tiga kelompok generasi.
Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian kualitatif dan pengambilan sampel responden menggunakan metode purposive sampling. Responden dalam penelitian ini merupakan pengguna dua atau lebih produk Apple di dalam kesehariannya dan merupakan kelompok Generasi X, Y, dan Z. Data penelitian diperoleh dari 9 responden dari ketiga generasi dengan menggunakan metode wawancara semi-terstruktur.
Hasil penelitian ini menemukan banyak faktor yang mempengaruhi para responden untuk menggunakan produk Apple. Seperti pengetahuan tentang produk (fitur, konektivitas, desain, kualitas, serta keunggulan), pemenuhan kebutuhan (prestige, fungsional, keinginan), faktor pendukung keputusan (harga, keputusan orang tua, lingkungan, inovasi, nilai). Kerangka penelitian ini kemudian menjawab pula dari sudut pandang kelompok generasi.
Terdapat temuan menarik terkait dengan alasan dan faktor responden untuk menggunakan produk Apple diantaranya ialah faktor budaya yang terbentuk di dalam lingkungan keluarga, serta sisi prestige sebuah produk menjadi faktor keputusan pembelian responden.
Keywords : | Consumer Purchasing Decisions, Qualitative Research, Apple, Generation X, Generation Y, Generation Z., Keputusan Pembelian Konsumen, Peneltian Kualitatif, Apple, Generasi X, Generasi Y, Generasi Z. |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Arief Eryka Zendy |
Date Deposited: | 10 Oct 2020 07:55 |
Last Modified: | 10 Oct 2020 07:55 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/7127 |