ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT BELI TERHADAP PERILAKU PEMBELIAN PRODUK HIJAU (Studi pada Konsumen Produk Perawatan Kulit Organik di Kota Semarang)

SEJATI, Rahma and INDRIANI, Farida,(25 June 2020), ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT BELI TERHADAP PERILAKU PEMBELIAN PRODUK HIJAU (Studi pada Konsumen Produk Perawatan Kulit Organik di Kota Semarang). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (32kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (120kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (99kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (3MB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (244kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Kesadaran terhadap kerusakan lingkungan dan sumber daya alam telah meningkatkan isu perlindungan lingkungan, yang kemudian berubah menjadi tren konsumsi produk ramah lingkungan atau tren konsumsi hijau. Tren konsumsi hijau mengakibatkan meningkatnya kebutuhan mengenai produk hijau, salah satunya kebutuhan terhadap produk perawatan kulit organik. Tetapi, penelitian mengenai perilaku pembelian produk hijau kurang mendapat perhatian di negara berkembang, termasuk Indonesia, terutama penelitian mengenai perilaku pembelian produk perawatan kulit organik. Berdasarkan hal tersebut penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perilaku pembelian konsumen terhadap produk perawatan kulit organik dengan menggunakan theory of planned behaviour dan menambahkan variabel kepedulian lingkungan, nilai yang dirasa dan kesediaan membayar. Penelitian ini dilakukan terhadap konsumen produk perawatan kulit organik baik pria maupun wanita berdomisili di Semarang. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 200 responden. Dengan metode pengumpulan data melalui kuesioner dan metode pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah non probability sampling dengan teknik purposive sampling. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Structural Equation Modelling (SEM). Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa kepedulian lingkungan, nilai yang dirasa, kesediaan membayar, sikap, dan persepsi kontrol perilaku berpengaruh terhadap minat beli secara positif dan signifikan sedangkan norma subjektif berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap minat beli. Hasil penelitian ini juga menunjukan bahwa minat beli berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap perilaku pembelian.
Keywords : Theory of Planned Behaviour, Enviromental Concern, Perceived Value, Willingness to Pay, Purchase Intention, Purchase Behaviour., Theory of Planned Behaviour, Kepedulian Lingkungan, Nilai yang Dirasa, Kesediaan Membayar, Minat Pembelian, Perilaku Pembelian.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Arief Eryka Zendy
Date Deposited: 12 Oct 2020 06:00
Last Modified: 12 Oct 2020 06:00
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/7171

Actions (login required)

View Item
View Item