STUDI MENGENAI KUALITAS PELAYANAN RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT PANTI WILASA “ Dr. CIPTO “ SEMARANG

PRAMANA, A.G luhung Daru and WIDIYANTO, Ibnu,(30 August 2012), STUDI MENGENAI KUALITAS PELAYANAN RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT PANTI WILASA “ Dr. CIPTO “ SEMARANG. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (33kB)
[thumbnail of Abstract (Inggris)] Text (Abstract (Inggris)) - Published Version
Download (16kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (17kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (17kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (22kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (478kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai sejauh mana tingkat kepuasan pelanggan RS. Panti Wilasa “ Dr. Cipto “ Semarang terhadap kinerja RS. Panti Wilasa “ Dr. Cipto “ Semarang ditinjau dari kesenjangan jasa yang dialami dan jasa yang diharapkan. Pada penelitian ini dikembangkan dimensi variable kualitas pelayanan yang sesuai dengan keadaan RS. Panti Wilasa “ Dr. Cipto “ Semarang, yaitu Keandalan, Daya Tanggap, Jaminan, Empati dan Fasilitas Fisik. Populasi penelitian ini adalah pelanggan RS. Panti Wilasa “ Dr. Cipto “ Semarang yang berkunjung di RS. Panti Wilasa “ Dr. Cipto “ Semarang. Penentuan ukuran sampel dalam penelitian ini mengunakan Importance Performance Analisys (IPA), adapun jumlah sampel yang diambil dalam penelitian ini berjumlah 100 responden. Adapun alat uji untuk penelitian ini mengunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Pengujian validitas dan reliabilitas dilakukan terhadap semua indikator pengukur kepentingan dan kinerja semua dimensi dan hasilnya semua berkorelasi positif dan signifikan secara statistik, hal ini dibuktikan dari nilai signifikasi < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa data penelitian ini valid. Sedangkan dari hasil uji reliabilitas menunjukan bahwa besarnya nilai croncbach alpha untuk semua indikator harapan dan kinerja pada semua dimensi adalah > 0,6 sehingga dapat pula disimpulkan bahwa indikator tersebut adalah reliabel. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa metode IPA yang digunakan dapat memberi kerangka kerja didalam memahami kepuasan pelanggan sebagai fungsi dari expectation ( Importance atau tingkat kepentingan ) terkait dengan suatu atribut serta penilaian pelanggan terhadap kinerja organisasi ( performance ) dilihat dari atribut terkait.
Keywords : Importance Performance Analisys (IPA), : Importance Performance Analisys (IPA)
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Eriana Ringgowati
Date Deposited: 12 Oct 2020 07:39
Last Modified: 12 Oct 2020 07:39
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/7202

Actions (login required)

View Item
View Item