ANALISIS PENGARUH BRAND COMMUNITY TERHADAP WORD OF MOUTH PADA BLACK MOTOR COMMUNITY

UTOMO, Nathashia Widhiyanti and SUFIAN, Syuhada,(2 August 2012), ANALISIS PENGARUH BRAND COMMUNITY TERHADAP WORD OF MOUTH PADA BLACK MOTOR COMMUNITY. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (17kB)
[thumbnail of Abstract (Inggris)] Text (Abstract (Inggris)) - Published Version
Download (13kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (626kB)
[thumbnail of Daftar isi] Text (Daftar isi) - Published Version
Download (21kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (23kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (659kB) | Request a copy

Abstract

Pada saat konsumen ingin dianggap sebagai individu yang utuh, maka pemasar harus lebih humanistis dalam praktek pemasarannya. Sistem yang diperlukan adalah strategi pemasaran yang sering disebut New Wave Marketing. Promosi dilakukan dengan memfokuskan event sebagai kekuatan utamanya, yaitu melibatkan publik secara langsung dalam event yang digelar (Brand Activation), akan semakin memperkuat hasil dari proses penanaman brand ke benak publik (mempengaruhi psikologis public secara komunal). Prinsip New Wave Marketing inilah yang diadopsi oleh Djarum Black sebagai spesifikasi dalam proses pembangunan brand-nya. Berkenaan dengan komunitas tersebut, maka penelitian ini mengambil topik Analisis Pengaruh Brand Community Terhadap Word Of Mouth Pada Black Motor Community. Populasi penelitian adalah seluruh komunitas Black Motor Community yang ada di Indonesia. Jumlah sampel adalah sebanyak 130 yang memenuhi persyaratan analisis data dengan menggunakan Structural Equation Modelling (SEM) dengan Program AMOS 19. Langkah analisis data menggunakan tujuh langkah SEM yang disarankan oleh Hair et.al. Hasil analisis data menunjukkan bahwa model menjadi fit dengan mengkorelasikan dua buah error pada konstruk Brand Community. Kelayakan model ditunjukkan dengan nilai Chi Square , GFI, Cmin/df, RMSEA, TLI dan CFI . akan tetapi nilai AGFI dinyatakan fit secara marjinal. Uji hipotesis memberikan hasil bahwa Resonansi Merek dan Emotional Branding mempunyai pengaruh signifikan terhadap Brand Community. Dan Brand Community mempunyai pengaruh signifikan terhadap Words of Mouth. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa event dapat menjadi sarana yang efektif dalam pemasaran terutama dalam meningkatkan pengguna suatu produk baru.
Keywords : Brand resonance, emotional branding, brand community, words of mouth, Black Motor Community, resonansi merek, emotional branding, brand community, words of mouth, komunitas Black Motor Community
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Eriana Ringgowati
Date Deposited: 03 Nov 2020 08:21
Last Modified: 03 Nov 2020 08:21
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/7535

Actions (login required)

View Item
View Item