WIJAYANTI, Ari and MIYASTO, Miyasto and DJUWADI, Djuwadi,(22 November 2008), STRATEGI MENINGKATKAN LOYALITAS MELALUI KEPUASAN PELANGGAN (Studi Kasus: Produk Kartu Seluler PraBayar Mentari Indosat Wilayah Semarang). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (61kB)
Download (61kB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (4MB)
Download (4MB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (4MB)
Download (4MB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (4MB)
Download (4MB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (144kB)
Download (144kB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (7MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (7MB) | Request a copy
Abstract
Pentingnya loyalitas pelanggan dalam pemasaran tidak diragukan lagi.
Pemasar sangat mengharapkan dapat mempertahankan pelanggannya dalam
jangka panjang, bahkan jika mungkin untuk selamanya. Oleh karena itu
penelitian ini ingin menguji faktor-faktor yang mempengaruhi loyalitas
pelanggan. Faktor-faktor tersebut adalah: kualitas layanan, kualitas produk,
harga, switching cost dan kepuasan pelanggan. Data yang diperlukan, diperoleh
melalui wawancara dengan menggunakan kuesioner kepada 135 responden. Data
yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik Structural
Equation Modeling (SEM).
Hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan SEM membuktikan bahwa
kualitas layanan berpengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan, kualitas
produk berpengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan, harga produk
berpengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan, kepuasan pelanggan
berpengaruh positif terhadap loyalitas, kepuasan pelanggan berpengaruh positif
terhadap switching cost, switching cost berpengaruh positif terhadap loyalitas
pelanggan. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis tersebut maka dapat ditarik
beberapa implikasi manajerial, yaitu loyalitas ditingkatkan dengan meningkatkan
kepuasan pelanggan dan switching cost. Hal ini dilakukan dengan membangun
harga yang kompetitif sesuai kualitas produk, pelayanan dan pengorbanan
pelanggan, meningkatkan kualitas produk melalui perluasan jangkauan area,
menambah BTS agar sinyal lebih kuat, dan penambahan galeri Indosat.
Sedangkan meningkatkan kualitas pelayanan melalui teknologi yang tinggi yang
mendukung kualitas produk dan kecepatan dan keakuratan pelayanan.
Peningkatan switching cost dengan peningkatan kepuasan pelanggan, memperluas
coverage area, pelayanan tambahan, mempermudah prosedur registrasi nomor
baru, dan pembuatan komunitas dan bekerjasama dengan perusahaan lain untuk
memberikan nilai tambah bagi pengguna Mentari.
Keywords : | service quality, product quality, price, switching cost, customer satisfaction, loyalty, kualitas layanan, kualitas produk, harga, switching cost, kepuasan pelanggan, loyalitas |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Masters) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Nila Nurjanah |
Date Deposited: | 25 Nov 2020 06:35 |
Last Modified: | 25 Nov 2020 06:35 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/7685 |